TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Profil Bobby Nasution, Menantu Jokowi Mengincar Kursi Sumut 1

Bobby Nasution maju di Pilkada Sumut 2024

Bobby Nasution, Wali Kota Medan (instagram.com/bobbynst)

Intinya Sih...

  • Bobby Nasution akan maju di Pilkada Sumut 2024 sebagai calon gubernur, didampingi oleh Surya sebagai calon wakil gubernur.
  • Bobby adalah wali kota Medan dan menantu dari Presiden Jokowi, memiliki latar belakang pendidikan agribisnis dari IPB.
  • Kekayaan Bobby pada tahun 2023 mencapai Rp57 miliar, meningkat Rp2 miliar dari tahun sebelumnya. Mereka mendapat dukungan dari beberapa partai politik.

Jakarta, IDN Times - Wali Kota Medan sekaligus menantu dari Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Bobby Nasution, akan maju di Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Sumatra Utara 2024, sebagai calon gubernur.

Bobby didampingi oleh Surya, Bupati Asahan, yang menjadi calon wakil gubernur.

Bobby dan Surya resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Utara pada 28 Agustus 2024 lalu. Berikut profil Bobby Nasution, menantu Jokowi yang maju Pilgub Sumut 2024.

Baca Juga: Bareng Kahiyang Naik Jet Pribadi, Bobby Pastikan tak dari APBD

1. Profil Bobby Nasution

Bobby Nasution, Wali Kota Medan (instagram.com/bobbynst)

Muhammad Bobby Afif Nasution atau Bobby Nasution, lahir di Medan pada 5 Juli 1991.

Bobby merupakan putra dari almarhum Erwin Nasution, mantan Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara (Persero) IV, dan ibunya, Ade Hanifah Siregar.

Karena mengikuti pekerjaan ayahnya, Bobby ikut berpindah-pindah tempat tinggal. Ia menghabiskan masa kecilnya di Pontianak, Kalimantan Barat, lalu melanjutkan pendidikan sekolah menengah dan atasnya di Lampung.

Bobby memperoleh gelar sarjana dan magisternya dalam bidang agribisnis di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Namanya ramai dikenal publik setelah menikah dengan Kahiyang Ayu, putri Presiden Joko Widodo, pada 8 November 2017.

Saat ini Bobby dan Kahiyang sudah dikaruniai tiga orang anak, yaitu Sedah Mirah Nasution, Panembahan Al Nahyan Nasution, dan Panembahan Al Saud Nasution.

2. Perjalanan karier Bobby Nasution

Wali Kota Medan Bobby Nasution saat meninjau lokasi kebakaran di SMP Negeri 20 Medan (Dok. Diskominfo Medan)

Bobby Nasution mengawali kariernya di dunia bisnis properti dengan membeli rumah-rumah bekas tinggal, lalu merenovasinya dan menjualnya kembali.

Pada 2016, Bobby Nasution bergabung dengan Grup Takke sebagai direktur pemasaran melalui perkenalan ayahnya saat itu. Bobby juga pernah terlibat dalam proyek Malioboro City di Yogyakarta.

Diketahui saat ini Bobby menjabat sebagai Ketua APEKSI Komwil I sekaligus Wakil Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi). 

Karier politik Bobby Nasution diawali ketika ia berhasil terpilih sebagai Wali Kota Medan mengalahkan pasangan Akhyar-Salman di Pilkada 2020 lalu.

Kini Bobby Nasution akan maju di Pilkada Sumut 2024 bersama Surya sebagai calon gubernur dan wakil gubernur. 

Selain bergelut dengan dunia bisnis dan politik, Bobby pernah menjadi manajer klub sepak bola Medan Jaya pada 2014.

3. Kekayaan Bobby Nasution

ilustrasi kekayaan (IDN Times/Aditya Pratama)

Mengutip dari situs LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara), kekayaan Bobby Nasution pada tahun 2023 mencapai Rp57 miliar.

Sedangkan, pada 2022 terdaftar kekayaannya Rp55 miliar. Dari data tersebut, diketahui dalam setahun kekayaan Bobby meningkat Rp2 miliar.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya