TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jabatan Anies Berakhir 16 Oktober, DPRD DKI Segera Gelar Rapat Bamus

DPRD DKI punya waktu 30 hari jelang selesai masa bakti

Ketua DPRD DKI Jakarta,Prasetyo Edi Marsudi, Senin (29/8/2022). (dok.IDN Times/Uji Sukma Medianti)

Jakarta, IDN Times - Anggota DPRD DKI Jakarta akan segera menggelar rapat soal berakhirnya masa bakti gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022, Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria.

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, mengatakan sebelum berakhirnya masa bakti Anies dan Riza pada 16 Oktober 2022, DPRD terlebih dulu menggelar rapat dengan Badan Musyawarah (Bamus).

"Jadi Bamus di puncak emang itu ada surat dari Permendagri untuk mempersiapakan 16 Oktober kan Pak Gubernur dan Pak Wagub, sudah selesai masa baktinya," kata dia di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (29/8/2022).

Baca Juga: Jelang Pensiun Jadi Gubernur, Anies Janji Gak Ada Perpanjangan Jabatan

1. Bamus digelar di Puncak, Bogor

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi dalam agenda rapat bersama Badan Musyawarah DPRD DKI Jakarta, Senin (27/9/2021). (instagram.com/prasetyoedimarsudi)

Pras, sapaan akrab Prasetyo mengatakan, Bamus akan digelar di Grand Cempaka Resort, Bogor, Jawa Barat, sekaligus membahas APBD Perubahan 2022.

"Kita sedang pembahasan anggaran di sana kebetulan, sekalian. Kan kalau di sana kan fokus," katanya.

Baca Juga: Hasto Sindir Anies Undang Tukang Bakso Saat Masa Jabatan Mau Habis 

2. Aturan pemberhentian gubernur dan wakil gubernur

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi dalam agenda rapat bersama Badan Musyawarah DPRD DKI Jakarta, Senin (27/9/2021). (instagram.com/prasetyoedimarsudi)

Berdasarkan ketentuan Pasal 79 ayat (1) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, disebutkan bahwa “Pemberhentian kepala daerah atau wakil kepala daerah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 78 ayat (1) huruf a dan huruf b serta ayat (2) huruf a dan huruf b, diumumkan oleh pimpinan DPRD dalam rapat paripurna.”

Pemberhentian tersebut juga diusulkan pimpinan DPRD kepada Presiden melalui menteri untuk gubernur dan atau wakil gubernur, serta kepada menteri melalui gubernur sebagai wakil pemerintah pusat.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya