TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ma’ruf Amin dan Gibran Nobar Penurunan Bendera di Istana Negara

Gibran didampingi istrinya, begitu juga Ma'ruf Amin

(IDN Times/Trio Hamdani)

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka nonton bareng alias nobar upacara penurunan bendera Merah Putih yang berlangsung di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Keduanya menyaksikan upacara secara daring dari Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Sabtu (17/8/2024) sore. Kehadiran mereka dalam upacara tersebut menjadi bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-79 RI.

Gibran bersama istrinya, Selvi Ananda, tiba di lokasi sekira pukul 15.12 WIB. Kemudian disusul Ma’ruf Amin yang tiba di Istana Merdeka didampingi sang istri pada pukul 15.16 WIB.

Peringatan HUT ke-79 RI tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Peringatan HUT RI digelar di dua tempat, Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Istana Kepresidenan Jakarta.

Rangkaian upacara penurunan bendera dimulai pada pukul 14.45 WITA. Berdasarkan rangkaian acara, pada pukul 16.33 WITA, pasukan upacara akan mulai memasuki lapangan, menandai dimulainya prosesi upacara penurunan bendera.

Komandan upacara memasuki tempat upacara pada pukul 16.36 WITA, diikuti Ketua Lembaga Negara, Menteri Sekretaris Negara, Panglima TNI, Kapolri, dan para pendamping. Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara kemudian memasuki tempat upacara pada pukul 16.43 WITA.

Upacara penurunan bendera dimulai pada pukul 16.48 WITA, diiringi dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Setelah bendera Sang Merah Putih diturunkan, bendera diserahkan kepada Inspektur Upacara pada pukul 17.07 WITA.

Setelah upacara penurunan bendera selesai, acara dilanjutkan dengan flypass pesawat udara TNI AU pada pukul 17.15 WITA. Upacara berakhir pada pukul 17.18 WITA.

Baca Juga: Pakai Baju Adat Betawi di HUT RI, Ridwan Kamil: Siap Maju Pilkada DKI

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya