TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jokowi Lantik Staf Prabowo Angga Raka Jadi Wamenkominfo

Jokowi melantik sejumlah pejabat

Presiden Jokowi melakukan reshuffle untuk menteri dan wakil menteri di Istana Negara pada Senin (19/8/2024). (IDN Times/Trio Hamdani)

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo melantik Angga Raka Prabowo sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) dalam upacara resmi yang digelar di Istana Negara, Senin (19/8/2024).

Penunjukan tersebut dilakukan Jokowi di penghujung masa jabatannya, sebelum kekuasaan beralih ke Presiden terpilih Prabowo Subianto pada 20 Oktober mendatang.

Prosesi pelantikan dilakukan pada pukul 09.30 WIB. Jokowi pun memandunya untuk mengucapkan sumpah jabatan.

"Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” kata Jokowi mendiktekan sumpah jabatan.

Jokowi juga merombak kabinetnya dengan melantik tiga menteri. Dia menunjuk Supratman Andi Atgas sebagai Menteri Hukum dan HAM, menggantikan Yasonna Laoly. Supratman, sebelumnya menjabat sebagai Ketua Komisi III DPR RI dan dikenal sebagai politisi dari Partai Gerindra.

Sementara Bahlil Lahadalia dilantik sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggantikan Arifin Tasrif. Sebelum menduduki posisi barunya, Bahlil adalah Menteri Investasi/Kepala BKPM.

Untuk posisi Menteri Investasi/Kepala BKPM yang ditinggalkan Bahlil, Jokowi mengangkat Rosan Roeslani, yang sebelumnya menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat. Dia juga memiliki pengalaman di dunia bisnis sebagai mantan Ketua Kadin Indonesia.

Baca Juga: Mau Dilantik Jokowi, Hasan Nasbi Baru Dikabari Kemarin

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya