TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

PPIH Arab Saudi Siapkan Hotel Isolasi Jemaah Haji Terpapar COVID-19

Sudah 22 jemaah haji yang terpapar

Suasana Masjid Nabawi, Madinah, yang dipenuhi oleh jemaah di tengah musim haji. (IDN Times/Umi Kalsum)

Jakarta, IDN Times - Panitia Penyelenggaraan Haji Indonesia (PPIH) 1443H/2022M menyiapkan hotel isolasi untuk merawat jemaah haji yang terpapar COVID-19 selama di Arab Saudi.

“Tahun ini pertama kali kami sediakan hotel isolasi yang diperuntukkan bagi jemaah positif COVID-19 tapi tidak bergejala, dengan kapasitas untuk 1000 jemaah atau 1 persen dari total jemaah haji tahun ini,” ujar Kepala Bidang Sistem Informasi dan Komputerasi Haji Terpadu (SISKOHAT) PPIH Arab Saudi Hasan Affandi di Makkah, Jumat (10/06/2022) malam.

Baca Juga: Ada Zonasi, Petugas Haji Ditempatkan Sesuai Daerah Asal Jemaah

Baca Juga: Hari Ini Jemaah Haji Indonesia Bergerak dari Madinah ke Makkah

1. Jemaah haji harus tetap menjaga protokol kesehatan

Suasana Masjid Nabawi, Madinah yang dipenuhi oleh Jamaah di tengah musim haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Hasan menambahkan, hotel isolasi yang disiapkan di Makkah dan Madinah merupakan bagian dari mitigasi untuk mencegah penyebaran COVID-19 kepada jemaah lainnya.

Selain hotel isolasi, tahun ini PPIH menyiapkan skema asuransi kesehatan bagi jemaah terpapar COVID-19 yang bergejala. Hasan mengatakan, seiring dengan pelonggaran pemakaian masker di Arab Saudi, ia pun meminta jemaah haji tetap menjaga protokol kesehatan.

“Sesuai pesan Pak Menteri, jemaah diharapkan tetap menjaga protokol kesehatan, bagaimanapun pandemi sepenuhnya belum berakhir, potensi terjangkit COVID-19 masih ada meski sudah vaksin lengkap," jelasnya

2. Ada 22 jemaah haji terpapar COVID-19

Jemaah haji di Jembatan Jamarat, Mina, Arab Saudi (IDN Times/Umi Kalsum)

Hingga saat ini, jemaah haji Indonesia yang terkonfirmasi positif COVID-19 berjumlah 22 orang. Akibatnya, keberangkatan mereka ke Tanah Suci ditunda sampai hasil tesnya dinyatakan negatif. Rencananya, mereka akan diberangkatkan pada kloter selanjutnya.

"Tercatat ada 22 orang jemaah yang keberangkatannya ditunda karena PCR positif. Namun dari 22 jemaah itu, 13 sudah diberangkatkan, dan 9 lagi yang masih ditunda keberangkatannya," ujar Budi dalam konferensi pers di Media Center Haji, Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Selasa (7/6/2022).

Baca Juga: 5 Tips Jemaah Haji Cegah Kaki Melepuh akibat Suhu Panas di Tanah Suci

Baca Juga: Sudah Dua Jemaah Haji RI Alami Kaki Melepuh di Tanah Suci

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya