TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Paus Tiba di Indonesia, Pengendara Hindari Sementara Jalur-Jalur Ini

Sejumlah jalur lalu lintas ditutup sementara

ilustrasi lalu lintas Jakarta (IDN Times/Herka Yanis)

Intinya Sih...

  • Paus Fransiskus tiba di Indonesia hari ini, rekayasa lalu lintas diberlakukan untuk mengamankan kedatangan Paus di Jakarta.
  • Agenda kunjungan Paus mencakup pertemuan dengan tokoh agama, umat Katolik, dan menggelar misa di Stadion GBK.

Jakarta, IDN Times - Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik yang juga Kepala Negara Vatikan, Paus Fransiskus, akan tiba di Indonesia hari ini, bersama rombongannya. Paus dijadwalkan tiba di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Selasa (3/9/2024), pukul 11.30 WIB.

Untuk mengamankan kedatangan Paus, Polda Metro Jaya memberlakukan rekayasa lalu lintas dari Bandara Soetta hingga Dubes Vatikan, di Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

“Seluruh jalur yang akan dilintasi oleh bapak Paus ini adalah clear, jadi pada ruas jalan yang akan menuju jalur yang bersamaan tentunya akan kita lakukan penutupan sementara,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman, Senin (2/9/2024).

Berikut rekayasa lalu lintas yang diberlakukan: 

1. Jalur yang ditutup menyeluruh saat kedatangan Paus

ilustrasi lalu lintas Jakarta (IDN Times/Herka Yanis)

Berikut jalur-jalur yang ditutup menyeluruh secara situasional:

- Jalur dari Bandara Soetta, Tol Sudiatmo, Tol Dalam Kota, jalur Sudirman-Thamrin sampai dubes Vatikan

Jalur-jalur tersebut clear dari kendaraan pada saat Paus mendekati sekitar radius 1 kilometer.

"Kita sudah lakukan clear dari pada seluruh kendaraan yang ada,” ujar Latif.

Tapi Latif memastikan, rekayasa lalu lintas saat Paus tiba tidak akan mengganggu lalu lintas masyarakat. Sebab, rekayasa lalu lintas akan diberlakukan sesaat.

2. Jalur-jalur yang dialihkan dan alternatifnya

ilustrasi lalu lintas Jakarta (IDN Times/Herka Yanis)

Rekayasa lalu lintas Rabu (4/9/2024) di Gereja Katedral mulai pukul 16.00 WIB:

Rute pengalihan lalu lintas:

  • Lalu lintas dari Selatan (Bundaran HI, Tanah Abang, Kebon Sirih, Budi Kemuliaan) menuju Timur (Stasiun Senen) dapat melalui Jalan Thamrin sisi Barat-Jalan Medan Merdeka Barat sisi Barat-Jalan Majapahit-Jalan Juanda Jalan Pos-Jalan Gunung Sahari-dan seterusnya.
  • Lalu lintas dari Timur (Menteng) menuju ke Barat (Tanah Abang) dapat menggunakan Jalan Hos Cokroaminoto-Jalan Wahid Hasyim-Jalan Mas Mansyur-dan seterusnya.

Rekayasa Lalu Lintas Kamis (5/9/2024) di Masjid Istiqlal mulai pukul 08.30 WIB:

  • Lalu lintas dari Selatan (Bundaran HI, Tanah Abang, Kebon Sirih,Budi Kemuliaan) menuju Timur (Stasiun Senen) dapat melalui Jalan Thamrin sisi Barat-Jalan Medan Merdeka Barat sisi Barat-Jalan Majapahit-Jalan Juanda-Jalan Pos-Jalan Gunung Sahari-dan seterusnya.
  • Lalu lintas dari Timur (Menteng) menuju ke Barat (Tanah Abang) dapat menggunakan Jalan Hos Cokroaminoto-Jalan Wahid Hasyim-Jalan Mas Mansyur-dan seterusnya.

Rekayasa lalu lintas Kamis (5/9/2024) di Gelora Bung Karno mulai pukul 15.30 WIB:

  • Lalu lintas dari arah Selatan (Cipete) menuju ke Barat (Slipi) atau Utara (Monas) dapat menggunakan Jalan Kyai Maja-Jalan Kebayoran Baru-Jalan Arteri Pondok Indah-berputar di U-Turn depan Gandaria City-Jalan Teuku Nyak Arief-Jalan Tentara Pelajar-dan seterusnya.
  • Lalu lintas dari Utara (Harmoni) menuju ke Selatan (Blok M) dapat melalui Jalan Medan Merdeka Barat-Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis-Jalan Fachrudin-Jalan KH Mas Mansyur-Jalan Penjernihan-Jalan Pejompongan-Jalan Tentara Pelajar-Jalan Teuku Nyak Arief-Jalan Kebayoran Baru-Jalan Kyai Maja-Jalan Panglima Polim-dan seterusnya.
  • Lalu Lintas dari Timur (Tebet) ke Barat (Slipi) dapat melalui jalan Kapten Tendean-Jalan Wolter Monginsidi-Jalan Trunojoyo-Jalan Kyai Maja-Jalan Kebayoran Baru-Jalan Arteri Pondok Indah berputar di depan U-turn Gandaria City-Jalan Teuku Nyak Arief-Jalan Tentara Pelajar-Jalan S Parman-dan seterusnya.
  • Lalu Lintas dari Barat (Slipi) menuju ke Timur (Tebet) dapat melalui Jalan S Parman-Jalan Pejompongan-Jalan Penjernihan-Jalan RM Margono-Jalan Galunggung-Jalan Dr Saharjo-Jalan Prof Dr Soepomo-Jalan MT Haryono-dan seterusnya.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya