TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Lapangan Upacara Depan Istana IKN untuk HUT RI Sudah Rampung 90 Persen

Tinggal pengaspalan jalan masuk ke lapangan serta lanskap

Foto: Proyek pembangunan Istana Negara di Ibu Kota Negara Nusantara, Kalimantan Timur. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Intinya Sih...

  • Infrastruktur IKN di Kalimantan Timur telah rampung 90 persen menjelang HUT ke-79 RI
  • Penginapan peserta upacara akan memanfaatkan Apartemen ASN dan gedung Kemenko yang sudah rampung sebagian
  • Fasilitas penginapan tamu VIP dan VVIP dipersiapkan di Hotel Nusantara, serta jalan penghubung dari Kota Balikpapan menuju IKN via Tol IKN

Jakarta, IDN Times - Infrastruktur pendukung pelaksanaan Upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, disebutkan telah rampung 90 persen, jelang 17 Agustus 2024.

"Upacara di Lapangan Upacara Istana Kepresidenan. Lapangan upacara itu kurang lebih sudah 90 persen rampung," kata Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H. Sumadilaga, yang ditemui di Menara Pandang, Jalan Sumbu Barat, IKN, seperti dilansir ANTARA, Sabtu (27/7/2024).

Menurut Danis, lapangan upacara seluas 14.250 meter persegi yang berada tepat di depan Istana Kepresidenan IKN, sepenuhnya telah rampung. Tinggal tersisa pengaspalan jalan masuk menuju lapangan serta penataan lanskap.

Baca Juga: CEK FAKTA: Meja dan Kursi Presiden Mulai Diangkut ke IKN Buat Rapat?

1. Gedung Kemenko tempat menginap peserta telah rampung sebagian

Potret dari Udara Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur (Kaltim). (Teguh Rachmat Adiputra untuk IDN Times)

Terkait persiapan penginapan bagi para peserta upacara, Danis menyebut, akan memanfaatkan fasilitas 12 tower Apartemen ASN, serta sebagian lainnya di kompleks perkantoran Kementerian Koordinator (Kemenko) yang berjarak sekitar 200 meter dari lapangan upacara.

Masih kata Danis, gedung Kemenko berlantai enam itu telah rampung sebagian, yakni lantai 1, 2, dan 3 untuk dimanfaatkan sebagai tempat penginapan peserta.

"Saya kira itu cukup untuk teman-teman petugas upacara untuk menginap sementara," katanya.

2. Hotel Nusantara salah satu fasilitas penginapan untuk tamu VIP dan VVIP

Peninjauan proyek Istana Negara dan Lapangan Upacara di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur (Kaltim). (dok. Kementerian BUMN)

Adapun fasilitas penginapan tamu VIP dan VVIP dipersiapkan Kementerian PUPR, salah satunya di Hotel Nusantara dengan kapasitas 200 kamar.

"Setahu saya mereka tidak menginap. Tapi seandainya menginap, salah satu misalnya Hotel Nusantara, punya kapasitas sekitar hampir 200 kamar. Itu siap seandainya diperlukan," ujarnya.

Infrastruktur penting lainnya yang juga dipersiapkan berupa jalan penghubung dari Kota Balikpapan menuju ke kawasan IKN via Tol IKN.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya