TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jejak Paskibraka Berhijab Saat HUT RI 2021 hingga 2023

Bahkan Paskibraka pengibar bendera juga berhijab

76 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) nasional 2024 telah dikukuhkan (Dok. BPMI Setpres/Muchlis Jr)

Intinya Sih...

  • Muncul dugaan pelarangan penggunaan hijab bagi Paskibraka putri pada HUT ke-79 RI
  • Rekaman pengukuhan Paskibraka 2021 dan 2022 menunjukkan beberapa anggota putri memakai hijab
  • BPIP menegaskan aturan pakaian, atribut, sikap, dan tampang hanya berlaku saat acara kenegaraan

Jakarta, IDN Times - Muncul dugaan pelarangan penggunaan hijab bagi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024. Informasi ini mengemuka usai diungkap oleh Pengurus Pusat Purna Paskibraka Indonesia (PPI).

Prosesi Pengukuhan Calon Paskibraka Tingkat Pusat (Nasional) Tahun 2024 pada 13 Agustus 2024 menimbulkan kontroversi. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, diduga seluruh anggota putri Paskibraka dilarang mengenakan hijab atau jilbab saat pengukuhan. 

“Hal ini tidak pernah terjadi sebelum-sebelumnya. Yang menjadi pertanyaan kami adalah, apakah penggunaan hijab/jilbab bagi anggota Paskibraka putri menjadi sebuah larangan atau hal yang dilarang atau sesuatu yang mempengaruhi kecantikan dan keanggunannya?” tulis Ketua Umum Purna Paskibraka Indonesia, Gousta Feriza, dalam keterangannya, Rabu (14/8/2024).

Lalu bagaimana tahun-tahun sebelumnya?

1. Paskibraka pengibar bendera pada 2021 berhijab

Pengukuhan Paskibraka 2021. (dok. Youtube Setpres)

Menelusuri rekaman pengukuhan Paskibraka 2021, ternyata sang pengibar bendera Merah Putih bahkan memakai hijab. Dia adalah Febriti Nur Tsabitah.

Tak hanya itu, di dalam video tersebut, terlihat cukup banyak Paskibraka putri yang memakai hijab berwarna hitam kala pengukuhan oleh Presiden RI Joko Widodo.

2. Tahun 2022 dan 2023 juga masih sama

Pengukuhan Paskibraka 2023 di Istana Negara. (dok. Youtube Setpres RI)

Sementara itu, dari video pengukuhan Paskibraka tahun 2022 hanya sebatas penggalan dari acara, terlihat jelas bahwa ada beberapa petugas Paskibraka putri yang memakai hijab.

Tahun ini, untuk pertama kalinya Paskibraka HUT ke-79 RI akan mengibarkan sang Saka Merah Putih di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya