TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Menelusuri Jejak Jet Pribadi yang Ditumpangi Kaesang dan Erina

Jet Kaesang dan Erina sempat mampir di mana-mana

Kaesang Pangarep hadir di kantor KPK. (dok. IDN Times/Istimewa)

Intinya Sih...

  • Kaesang Pangarep klarifikasi penggunaan jet pribadi ketika mengantar istrinya ke Amerika Serikat
  • Jet mampir di Jepang dan Los Angeles sebelum tiba di Philadelphia
  • Kaesang disebutkan sudah ada di Jakarta pada 28 Agustus 2024, meski data penerbangan menunjukkan pesawat masih dalam perjalanan

Jakarta, IDN Times - Putra bungsu Presiden Joko Widodo sekaligus Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep, baru saja mendatangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa (17/9/2024). Kedatangan Kaesang ke KPK adalah untuk melakukan klarifikasi terhadap beberapa hal, termasuk jet pribadi yang digunakannya ketika mengantar istrinya, Erina Gudono, ke Amerika Serikat.

Dalam pengakuannya di KPK, Kaesang menyatakan hanya nebeng dengan temannya, berinisial Y, saat berangkat ke Amerika Serikat pada 18 Agustus 2024.

"Tadi saya juga di dalam mengklarifikasi mengenai perjalanan saya di 18 Agustus ke Amerika Serikat, yang numpang atau bahasa bekennya nebeng lah. Nebeng pesawatnya teman saya," kata dia di gedung KPK, Selasa (17/9/2024)

IDN Times melakukan penelusuran lewat teknik Open Source Intelligent (OSINT). Menggunakan ADS-B Exchange, jet jenis Gulfstream G650 buatan 2021 dengan tail number N588SE, yang ditumpangi Kaesang dan Erina, berangkat dari Jakarta ke Amerika Serikat pada 18 Agustus 2024, sekitar pukul 09.38 WIB.

Kemudian, jet terbang dan sempat mampir di Chubu Centrair International Airport, Tokoname, Jepang pada 16.25 WIB. Ini merupakan bandara yang memang biasa disambangi jet pribadi di Negeri Sakura.

1. Jet mampir di Los Angeles

Kaesang Pangarep hadir di kantor KPK. (dok. IDN Times/Istimewa)

Hanya sekitar satu jam, jet transit di Tokoname dan perjalanan dimulai kembali pada 17.34 WIB. Sekitar 10 jam, jet berada di udara.

Tapi, jet tak mendarat di Philadelphia, kota terdekat dari University of Pennsylvania berada. Jet justru mampir ke Los Angeles terlebih dulu di Los Angeles International Airport pada 19 Agustus 2024 pukul 03.19 WIB. Nah, diduga foto yang diambil Erina dan diunggah ke Instastory, merupakan perjalanannya ke Los Angeles.

Selama sekitar dua hari, jet sempat berada di Los Angeles. Tak ada pergerakan pesawat sepanjang 19 hingga 20 Agustus 2024. Di sinilah, Kaesang dan Erina memanfaatkan waktu untuk berlibur. Bahkan, Erina sempat mengunggah foto sedang makan lobster roll di Grand Central Market, Los Angeles, yang harganya mencapai Rp400 ribu.

Baru pada 21 Agustus 2024, pukul 07.00 WIB, pesawat bergerak. Lagi-lagi, pesawat tersebut tak langsung ke Philly, melainkan menyambangi Las Vegas terlebih dulu, mendarat pada pukul 07.56 WIB.

Baca Juga: Kaesang Klaim Mau Naik Pesawat Komersil tapi Ditawari Jet Pribadi

Tangkapan layar roti Rp400 ribu yang dimakan Erina Gudono (instagram.com/erinagudono)

2. Lama di Las Vegas

Kaesang Pangarep hadir di kantor KPK. (dok. IDN Times/Istimewa)

Cukup lama keduanya di Las Vegas. Pada 22 Agustus 2024 pukul 04.08 WIB, Kaesang dan Erina terbang ke Philadelphia dari Las Vegas. Tepat lima jam setelahnya, mereka tiba di Philadelphia International Airport. Selanjutnya, Kaesang dan Erina diduga menggunakan kendaraan pribadi ke Pennsylvania, karena pergerakan pesawat terhenti selama seharian. Memang, jarak antara Philadelphia dengan Pennsylvania gak terlalu jauh dan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi bisa ditempuh selama sekitar tiga jam.

Pada 23 Agustus 2024, pukul 18.01 WIB, pesawat kembali bergerak dari Philadelphia International Airport menuju bandara privat di Bedford, Massachusetts, Laurence G Hanscom Field. Pesawat mendarat pukul 20.16 WIB.

Dari bandara ini, pesawat melanjutkan perjalanan ke Tweed New Haven Airport, Connecticut. Diduga, jet pribadi hanya mengisi bahan bakar dan beristirahat di dua bandara kecil ini.

Infografis Jet Pribadi Kaesang dan Erina (IDN Times/Aditya Pratama)
Infografis Jet Pribadi Kaesang dan Erina (IDN Times/Aditya Pratama)

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya