TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gempa Magnitudo 7,4 Guncang Tanah Bumbu Kalimantan Selatan

Gempa juga terasa hingga Bali dan Lombok

Ilustrasi gempa bumi (IDN Times/Sukma Shakti)

Jakarta, IDN Times - Gempa tektonik sebesar magnitudo 7,4 mengguncang wilayah Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Selasa (29/8/2023). Dari laporan akun Twitter @InfoBMKG, pusat gempa berada di laut dengan koordinat 4,38 Lintang Selatan dan 116.90 Bujur Timur, sekitar 180 meter tenggara Tanah Bumbu, serta terjadi sekitar pukul 02.55 WIB.

Guncangan ternyata juga dirasakan di kawasan Bali. Wilayah Kuta dengan skala intensitas V MMI, Gianyar, Denpasar, Waingapu, Lombok, Sumbawa IV MMI, Karangkates III-IV MMI, Banjarmasin, Kuta Selatan, Tabanan III MMI, dan Trenggalek II-III MMI, juga merasakan gempa ini.

Hingga saat ini, belum ada laporan pula terkait kerusakan yang muncul akibat gempa tersebut.

"Kepada masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Hindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali," ujar Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami, Daryono, dalam keterangannya, Selasa pagi (29/8/2023).

Baca Juga: Gempa M5,2 Guncang Aceh, Pusat Gempa di Nagan Raya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya