TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tokoh Betawi Nachrowi Ramli Dukung Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta

Bang Nara minta Ridwan Kamil tidak tinggalkan warga Betawi

Pasangan Ridwan Kamil-Suswono terima dukungan di Pilkada Jakarta dari tokoh Betawi, Nachrowi Ramli. (Dokumentasi tim media Ridwan Kamil)

Intinya Sih...

  • Nachrowi Ramli mendukung Ridwan Kamil dan Suswono di Pilkada Jakarta 2024 setelah mempelajari rekam jejak keduanya.
  • Bang Nara meminta Ridwan Kamil untuk melibatkan warga Betawi dalam pembangunan Jakarta dengan konsep 'Gerbang Betawi'.
  • Ridwan Kamil dan Suswono diberi tugas agar dapat menang satu putaran di Pilkada Jakarta, namun sulit mewujudkan menurut Direktur Parameter Politik Indonesia.

Jakarta, IDN Times - Ketua Badan Musyawarah (Bamus) Betawi periode 2008-2013, Nachrowi Ramli resmi mendukung bakal calon gubernur Ridwan Kamil dan Suswono di Pilkada Jakarta 2024. Dukungan itu disampaikan, kata Nachrowi, setelah mempelajari rekam jejak pria yang akrab disapa Kang Emil dan Suswono itu. 

"Oleh karena itu, hari ini kami sampaikan, saya pribadi dan keluarga besar dan seluruh yang hadir, tokoh-tokoh di sini bersedia dan akan memperjuangkan Pak Emil dan Pak Suswono menang di kontestasi nanti. Sehingga, akan menjadi pemimpin Jakarta ke depan yang akan membawa kebahagiaan kepada warga Jakarta," ujar pria yang akrab disapa Bang Nara itu di Jakarta Timur pada Rabu (18/9/2024). 

Dukungan itu disampaikan ketika Kang Emil dan Suswono datang ke kediamannya untuk silaturahmi. Bang Nara diketahui merupakan kader Partai Demokrat. Pada Pilkada 2017 lalu, Bang Nara didapuk menjadi ketua tim pemenangan pasangan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Sylviani Murni. Sedangkan, Demokrat merupakan salah satu partai pengusung paslon yang dijuluki RIDO di Pilkada Jakarta. 

Apa pesan Bang Nara bagi Kang Emil-Suswono?

1. Bang Nara meminta paslon RIDO libatkan warga Betawi dalam pembangunan

Pasangan Ridwan Kamil-Suswono terima dukungan di Pilkada Jakarta dari tokoh Betawi, Nachrowi Ramli. (Dokumentasi tim media Ridwan Kamil)

Lebih lanjut, Bang Nara berpesan agar Kang Emil ikut melibatkan warga Betawi dalam melakukan pembangunan di Jakarta. Ia mengingatkan konsep 'Gerbang Betawi' atau Gerakan Pembangunan Betawi agar tetap diterapkan. 

"Jadi, Kaum Betawi jangan ditinggalkan. Konsep yang tadi 'Gerbang Betawi' merupakan pilihan yang tepat. Gerakan pembangunan Betawi, harkat dan martabat kaum Betawi oleh Kang Emil dan Suswono Insya Allah akan tercapai," kata Bang Nara. 

Sebelumnya, paslon RIDO juga sudah membuka tali silaturahmi dengan Fauzi Bowo atau Foke. Mantan Gubernur Jakarta itu pernah maju di Pilkada 2012 lalu bersama Bang Nara. Namun, ketika itu Foke-Bang Nara tidak lolos. 

Berbeda dengan Bang Nara, Foke menolak untuk masuk ke dalam tim pemenangan RIDO. Foke mengaku usianya yang lansia sudah tidak pas mengurus isu politik sehari-hari. 

Paslon RIDO juga membuka komunikasi dengan mantan Gubernur Jakarta Sutiyoso. Namun, Sutiyoso tidak bisa memberikan dukungan bagi RIDO dan dua paslon Jakarta lainnya. Sebab, ia memegang KTP Jawa Barat. 

Baca Juga: Dasco Jadi Ketua Dewan Pembina Tim Pemenangan Ridwan Kamil di Pilkada

2. Ridwan Kamil berjanji tak akan lepaskan budaya Betawi dari warga Jakarta

Pasangan Ridwan Kamil-Suswono terima dukungan di Pilkada Jakarta dari tokoh Betawi, Nachrowi Ramli. (Dokumentasi tim media Ridwan Kamil)

Sementara, Kang Emil mengaku mendapatkan pesan agar identitas Jakarta tidak boleh lepas dari budaya Betawi. Meskipun nantinya Jakarta tidak lagi menyandang status ibu kota. 

"Kami tadi dinasehati untuk mengikutsertatakan identitas budaya agar jangan tergerus dengan modernisasi Jakarta. Makanya, tadi saya sampaikan dulu gerakan membangun budaya Betawi dengan segala programnya," kata Kang Emil. 

Ia pun berjanji bakal memberdayakan RW-RW untuk membantu membereskan isu laten yakni banjir, macet dan polusi. Di dalam pertemuannya dengan Bang Nara, turut hadir pula ormas FORKABI (Forum Komunikasi Anak Betawi). 

Mantan Gubernur Jawa Barat itu berharap dengan pertemuan itu, Kang Emil-Suswono bisa memenangkan hati warga Jakarta dan memberikan suaranya di Pilkada. Menurut Kang Emil, program yang disusun RIDO diklaim sesuai dengan kebutuhan warga Jakarta. 

"Izinkan kami nanti memenangkan dengan cara dan niat baik. Kalau kami berhasil, kami akan mencintai dan mengurusi masyarakat Betawi," tutur dia. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya