TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ridwan Kamil Janji Atasi Polusi Udara di Jakarta

Pasien ISPA jadi perhatian Ridwan Kamil

Bakal calon gubernur-calon wakil gubernur, Ridwan Kamil-Suswono di RSUD Tarakan, Jakarta Barat. (IDN Times/Santi Dewi)

Intinya Sih...

  • Ridwan Kamil berjanji menuntaskan polusi udara di Jakarta jika terpilih sebagai gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2024.
  • Polusi udara menyebabkan banyaknya pasien ISPA dirawat di rumah sakit, namun Emil belum merinci langkah penanggulangan yang akan diambil.
  • Data KLHK menunjukkan kendaraan bermotor menyumbang 44 persen polusi udara di Jakarta, sementara sisanya dari PLTU yang berada tak jauh dari kota.

Jakarta, IDN Times - Bakal calon gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil berjanji untuk menuntaskan polusi udara di Jakarta seandainya terpilih dalam Pilkada yang digelar November 2024 mendatang. Emil (sapaan akrabnya) merasa prihatin karena polusi udara mengakibatkan banyaknya pasien yang dirawat di rumah sakit dengan keluhan ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas).

Pria yang belakangan dipanggil Bang Emil itu tidak menyebutkan langkah yang bakal ditempuh untuk mengurangi permasalahan polusi udara tersebut. Namun, dia memastikan ingin berkomitmen dalam visi dan misinya terkait penanggulangan polusi di Jakarta.

"Kami komit di dalam visi-misi kesehatan, sering kali rumah sakit penuh dengan pasien yang mengeluh ISPA, karena faktor polusi udara. Jadi, kami akan fokus pada penyelesaian kesehatan udara sebagai bagian dari prioritas bila nanti terpilih," ujar Ridwan Kamil di RSUD Tarakan, Jakarta Barat, Sabtu (31/8/2024).

Menurut data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), polusi udara di Jakarta disebabkan dari kendaraan bermotor. Mereka menyumbang 44 persen polusi. Sisa polusi disumbang dari sejumlah Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang berada tak jauh dari Jakarta.

Ridwan Kamil bersama Suswono berada di RSUD Tarakan untuk mengikuti tes kesehatan menyeluruh sebagai syarat untuk mengikuti Pilkada Jakarta. Tes kesehatan bakal berlangsung sekitar 11 jam dan berakhir sekitar pukul 19.00 WIB.

Baca Juga: Tes Kesehatan Ketiga Buat Ridwan Kamil dalam Pilkada

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya