TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Profil Brigjen Adi Vivid Bachtiar, Anak Eks Kapolri Tangani Kasus Vina

Adi dianggap gagal tangkap DPO pelaku pembunuhan Vina

Brigjen Adi Vivid Agustiadi Bachtiar ketika menerima tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Nararya dari Presiden Joko "Jokowi" Widodo. (diskominfo.indramayukab.go.id)

Jakarta, IDN Times - Film Vina: Sebelum 7 Hari yang saat ini sedang tayang di bioskop tengah menjadi sorotan publik. Film yang disutradarai Anggy Umbara itu diangkat dari kisah nyata tewasnya pasangan kekasih Vina Dewi Arsita dan Rizky Rudiana atau Eky. Mereka tewas dibunuh sekelompok pemuda gang motor di Cirebon pada 2016. 

Seiring dengan filmnya yang jadi perbincangan publik, kasus pembunuhan Vina di kehidupan nyata juga ikut menjadi sorotan. Sebab, otak pembunuhan Vina dan Eky belum berhasil ditangkap hingga sekarang. 

Publik lantas mencari tahu sosok Kapolres Cirebon yang ketika itu menangani kasus kematian Vina dan Eky. Kapolres Cirebon pada saat itu dijabat Brigjen Adi Vivid Agustiadi Bachtiar. 

Adi ketika itu masih berpangkat AKBP saat memimpin Polres Cirebon Kota pada 2016 hingga 2018. Kini, Adi telah menjabat sebagai Wakil Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan pangkat brigadir jenderal.

Tetapi, ia dianggap gagal menuntaskan kasus pembunuhan Vina, lantaran hanya menangkap delapan dari 11 pelaku pembunuhan Vina. Belum lagi beragam kontroversi muncul bersamaan dengan sorotan baru kasus ini. 

Pegi Setiawan alias Perong baru ditangkap delapan tahun setelah Vina dan kekasihnya terbunuh. Selain itu, salah satu terpidana kasus pembunuhan, Saka, mengaku dipaksa kepolisian agar membuat pengakuan sebagai salah satu pembunuh Vina. Saka terpaksa mengaku lantaran tidak tahan dengan siksaan yang dilakukan personel Polres Cirebon Kota.

Berikut rekam jejak Brigjen Pol Adi Vivid Agustiadi Bachtiar di institusi kepolisian. 

1. Adi Vivid merupakan putra mantan Kapolri Da'i Bachtiar

Kapolri periode 2001 hingga 2005, Jenderal (Purn) Da'i Bachtiar. (ANTARA FOTO)

Adi Vivid lulus dari Akademi Kepolisian pada 1998. Ia lahir dari keluarga Bhayangkara. Sang ayah adalah Jenderal (Purn) Da'i Bachtiar, mantan Kapolri era Presiden Megawati Soekarnoputri.

Pria kelahiran 2 Agustus 1977 itu diklaim menjadi jenderal termuda di kepolisian. Brigjen Adi Vivid memulai karier sebagai Pamapta II Polres Cimahi, Polda Jawa Barat. Hingga pada 2022, ia duduk sebagai Direktur Tindak Pidana Siber (Dirtipidsiber) Bareskrim Mabes Polri. 

Sementara, kakak Adi kini menjabat sebagai Bupati Indramayu, Nina Agustina. 

Baca Juga: IPW Minta Polri Audit Penyidik yang Tangani Kasus Vina di 2016

2. Pernah menjabat sebagai ajudan Presiden Jokowi

Presiden Jokowi bersama Ibu Negara, Iriana Joko Widodo meninjau lokasi pengungsian korban banjir bandang Sumatra Barat (IDN Times/Istimewa)

Relasi Adi pun menjulang hingga ke pimpinan tertinggi di negara ini. Ia diketahui pernah menjabat sebagai Pamen SSDM Polri di Setmilpres Kementerian Sekretariat Negara, sebagai ajudan Jokowi pada 2019. 

Bahkan, ia pernah memperoleh tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Nararya dari Jokowi pada Juli 2023. Penyematan tanda kehormatan itu dilakukan mantan Gubernur DKI Jakarta itu di Stadion Utama GBK, Jakarta saat HUT ke-77 Bhayangkara.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya