TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Partai Ummat Akui Ada Pertemuan dengan Suswono, Bahas Dukungan?

Pertemuan hanya membahas program Suswono di Jakarta

Calon Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil - Suswono saat mendaftar ke KPU DKI Jakarta pada Rabu (28/8/2024). (youtube.com/KPU PROVINSI DKI JAKARTA)

Intinya Sih...

  • Ketua DPW Partai Ummat Jakarta, Imawan Renwarin, mengakui pertemuan dengan bakal calon wakil Gubernur Suswono hanya membahas program di Jakarta.
  • Ridwan Kamil menyatakan ada satu partai nonparlemen lainnya yang mendukung paslon RIDO, meski Partai Ummat belum memberikan dukungan resmi.
  • Wakil Ketua Umum Partai Ummat, Nazaruddin, belum mendengar rencana untuk memberikan dukungan kepada paslon RIDO setelah Anies gagal nyalon di Pilkada Jakarta.

Jakarta, IDN Times - Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Partai Ummat di Jakarta, Imawan Renwarin, mengakui sudah ada pertemuan antara petinggi partainya dengan bakal calon wakil Gubernur Jakarta, Suswono.

Namun, pertemuan itu dianggap hanya membahas program Suswono di Jakarta. Menurutnya, tidak ada pembahasan mengenai dukungan dari Partai Ummat bagi paslon yang diusung oleh koalisi gemuk itu. 

"Memang benar, kami pernah diundang makan siang. Kemudian Beliau memberikan paparan singkat terhadap program Beliau jika menjadi wakil gubernur. Baru sampai di situ saja," ujar Imawan kepada IDN Times melalui pesan pendek, Senin (16/9/2024). 

Sementara, bakal calon gubernur Jakarta, Ridwan Kamil, menyatakan hal berbeda.  Pria yang akrab disapa Kang Emil itu menyatakan bahwa akan ada satu partai nonparlemen lainnya yang mendukung paslon yang dijuluki RIDO itu. Padahal, hingga saat ini paslon RIDO sudah didukung oleh 15 partai politik. 

Kang Emil mengaku mendengar informasi itu dari Suswono. Ia mengaku sudah bertemu dengan petinggi Partai Ummat. 

Pengakuan Kang Emil itu menjadi perbincangan di media sosial. Sebab, Partai Ummat didirikan oleh Amien Rais. Ia merupakan sosok yang diketahui anti terhadap Istana dan dinasti yang dibentuk oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo. 

Apakah pertemuan itu menandakan Partai Ummat juga bakal merapat ke paslon RIDO?

1. Partai Ummat sebut pertemuan dengan Suswono hanya silaturahmi

Bakal Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta 2024 Suswono berjanji akan menambah bantuan operasional tempat ibadah. (IDN Times/Amir Faisol)

Lebih lanjut, Imawan mengatakan, pertemuan dengan Suswono dikemas dengan agenda makan siang bersama. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu pekan lalu. 

"Yang hadir ketika itu adalah pengurus Partai Ummat di DKI Jakarta dan DPD se-Jakarta," katanya. 

Ketika IDN Times menanyakan apakah pertemuan tersebut jadi tanda Partai Ummat bakal mempertimbangkan untuk mendukung paslon RIDO, Imawan menepisnya. "Pertemuan itu hanya silaturahmi karena kami diundang Pak Suswono. Kebetulan Beliau mengundang Partai Ummat DKI," tutur dia. 

Ia mengatakan, sudah melaporkan pertemuan dengan Suswono kepada DPP Partai Ummat. "Silaturahmi dengan Pak Suswono sudah kami laporkan ke DPP," ujarnya. 

Baca Juga: Ridwan Kamil-Suswono Ditargetkan Menang 1 Putaran di Pilkada Jakarta

2. DPP Partai Ummat sebut belum ada keputusan untuk dukung paslon di Pilkada

Wakil Ketua Umum Partai Ummat, Nazaruddin. (ANTARA FOTO)

Sementara, ketika dikonfirmasi kepada Wakil Ketua Umum Partai Ummat, Nazaruddin, ia mengaku belum mendengar rencana untuk memberikan dukungan kepada paslon RIDO.

"Setelah Anies gagal nyalon (di Pilkada Jakarta), kami belum menentukan sikap," kata Nazaruddin melalui pesan pendek kepada IDN Times, Senin. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya