TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Panglima TNI Mutasi 130 Perwira Tinggi, Termasuk Pangkogabwilhan I

Mutasi terjadi di saat transisi pemerintahan ke Prabowo

Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto. (Dokumentasi Puspen TNI)

Jakarta, IDN Times - Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto merotasi dan mutasi 130 perwira tinggi di tiga matra yang ada di lingkungan TNI. Rotasi dan mutasi tersebut berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI nomor Kep/1080/IX/2024 pada 11 September 2024, berisi pemberhentian dari dan pengangkatan di dalam jabatan di lingkungan TNI. Mutasi dan rotasi ini terjadi di masa transisi pemerintahan dari Jokowi ke Prabowo. 

Di dalam keputusan tersebut posisi Pangkogabwilhan I yang semula diisi Laksamana Madya Agus Hariadi dialihkan kepada Laksamana Muda Rachmad Jayadi. Rachmad dulu menjabat Pa Sahli Tk.III Bid.Banusia Panglima TNI. Kogabwilhan I memiliki wilayah kerja meliputi Sumatra, Jakarta, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah. 

Sedangkan, Laksamana Madya Agus menempati posisi sebagai Sesjen Dewan Ketahanan Nasional dan menggantikan Laksdya T.S.N.B Hutabarat. 

Laksdya T.S.N.B Hutabarat menjadi dosen tetap di Universitas Pertahanan. Laksdya Maman Firmansyah dimutasi dari Dankodiklat TNI menjadi Staf Khusus KSAL.

Posisinya kini digantikan Mayjen Mohammad Fadjar yang sebelumnya Pangdam III/Siliwangi. Mayjen Dadang Arif kemudian ditunjuk jadi Pangdam III/Siliwangi.

1. Mayjen TNI Putranto Gatot Sri Handoyo dimutasi jadi Pangdam XVI/Pattimura

Mayjen TNI Putranto Gatot Sri Handoyo. (Dokumentasi Puspen TNI)

Sementara, Mayjen Syafrial dimutasi dari Pangdam XVI/Pattimura menjadi Kas Kostrad. Mayjen Putranto Gatot yang sebelumnya menjabat Komandan Pusat Kesenjataan Artileri Medan ditunjuk jadi Pangdam XVI/Pattimura.

Mayjen Wahyoedho Indrajit dimutasi dari Jampidmil Kejagung menjadi Staf Khusus KSAD. Brigjen (Mar) Muhammad Nadir ditunjuk menjadi Wadan Kormar. Posisi sebelumnya Danpasmar-2 Kormar digantikan Kolonel Mar Nanang Saefulloh.

Marsma Destianto Nugroho Utomo dimutasi dari Komandan Lanud Halim Perdanakusuma menjadi Staf Khusus KSAU. Posisinya digantikan Kolonel (Pnb) Muzafar.

Baca Juga: Wacana Pembentukan Matra Siber TNI, Jokowi: Sangat Baik

2. Mokhammad Ali Ridho menjabat Jampidmil di Kejagung

Mayjen Mokhammad Ali Ridho (ketiga dari kanan) menjadi Jaksa Pidana Militer. (ANTARA FOTO)

Sementara, posisi Mayjen Mokhammad Ali Ridho dipercaya menjadi Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Militer. Ali merupakan jebolan Akmil 1991 dari kecabangan Korps Hukum (Chk). Sebelumnya, ia ditunjuk menjadi Direktur Hukum TNI Angkatan Darat pada 2024.

Tak lama dari situ, ia dipercaya menjadi Oditur Jenderal TNI pada Badan Pembinaan Hukum Tentara Nasional Indonesia atau (Babinkum TNI) di tahun 2024.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya