TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

KSAL: Pasukan TNI yang Bertugas di IKN akan Menginap di Kapal Perang

Sebanyak 800 anggota TNI akan jaga keamanan di IKN

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Muhammad Ali. (Dokumentasi TNI AL)

Intinya Sih...

  • 800 prajurit TNI akan jaga keamanan saat HUT RI di IKN
  • Pasukan TNI AL akan menginap di kapal perang dekat IKN, sementara TNI AU akan melakukan atraksi flight pass
  • Persiapan atraksi udara dimulai pada 1 Agustus dan disertai oleh beberapa pesawat tempur, latih, Jupiter Aerobatic Team, dan helikopter dari TNI AD, AL, dan Kepolisian

Jakarta, IDN Times - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali mengatakan, sebagian anggota TNI yang bertugas dalam rangka HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), akan menginap di kapal perang yang berlabuh dekat IKN.

TNI AL sendiri menyiapkan KRI Banda Aceh-593 untuk pengiriman pasukan dari Jakarta ke IKN di Kalimantan Timur. Kapal tersebut, kata Ali, berpeluang dijadikan tempat menginap bagi sejumlah prajurit yang bertugas. 

"Iya, sebagian pasukan menginap di KRI. Sementara, (disiapkan) satu LPD (landing platform dock) yang kami siapkan yaitu KRI Banda Aceh. Tetapi, nanti ada beberapa kapal patroli untuk pengamanan," ujar Ali seperti dikutip, Rabu (7/8/2024), di Jakarta. 

Gelombang pertama pasukan yang bertugas di HUT ke-79 di IKN sudah berangkat pada 5 Agustus 2024 lalu, dengan menumpang KRI Banda Aceh-593. Pasukan yang berangkat terdiri dari anggota TNI dari tiga matra, Polri, dan taruna. Mereka diberangkatkan dari Dermaga Kolinlamil, Jakarta menuju Balikpapan, Kalimantan Timur. 

Total ada sekitar 271 orang yang diberangkatkan dari Jakarta. Mereka terdiri dari 171 personel TNI dan 100 taruna, baik dari Akademi Militer, Akademi Angkatan Laut (AAL), Akademi Angkatan Udara (AAU), dan Akademi Kepolisian. Mereka dijadwalkan tiba di Balikpapan pada Kamis (8/8/2024). 

Baca Juga: Bukan Seribu, Ini Jumlah Mobil yang Disewa Istana untuk HUT RI di IKN

1. TNI kerahkan 800 prajurit

Ilustrasi prajurit TNI. (IDN Times/M.Idris)

Sementara, Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen Bambang Ismawan menyebut, ada 800 prajurit TNI yang dikerahkan untuk menjadi petugas upacara HUT ke-79 RI di IKN pada 17 Agustus mendatang. Jumlah prajurit, kata Bambang, bisa saja berubah. Hal itu tergantung kebutuhan dan situasi di IKN yang saat ini masih dalam tahap pembangunan. 

"Memang untuk upacara 17 Agustus nanti akan dibagi dua, ada yang di IKN, ada yang di Istana di Jakarta. Untuk pastinya sekitar 800 sekian untuk upacara di sana (IKN)," kata Bambang pada 30 Juli 2024 lalu di Jakarta. 

Baca Juga: HUT RI di IKN Dipastikan Terbatas, Masyarakat Saksikan Tayangan TV

2. Jet tempur TNI AU tetap akan lakukan atraksi di HUT ke-79 di IKN

Ilustrasi flypass jet tempur milik TNI Angkatan Udara (AU) di HUT Indonesia. (www.instagram.com/@militer.udara)

Sementara, TNI Angkatan Udara (AU) tetap akan menggelar atraksi flight pass di Ibu Kota Nusantara (IKN) saat peringatan HUT ke-79 RI. Latihan untuk persiapan atraksi udara di IKN dimulai pada 1 Agustus mendatang di Landasan Udara Dhomber, Balikpapan, Kalimantan Timur. 

"Lanud Dhomber akan melibatkan beberapa pesawat yang akan bermain di wilayah IKN. Itu terdiri dari beberapa pesawat tempur, pesawat latih, Jupiter Aerobatic Team (JAT) dan pesawat helikopter yang tergabung dalam giant flight," ujar Komandan Lanud Dhomber, Kolonel Pnb David Ali Hamzah, ketika dikonfirmasi pada 29 Juli 2024. 

David menjelaskan helikopter yang akan digunakan tidak hanya berasal dari TNI AU, tetapi juga dari TNI Angkatan Darat (TNI AD), TNI Angkatan Laut (TNI AL) dan Kepolisian. Latihan akan dimulai sejak awal Agustus 2024. 

"Sejak 1 (Agustus) sudah ada yang ke sini. Minggu kedua sudah mulai melakukan gladi kotor dan gladi bersih. Puncaknya nanti pada 17 Agustus," katanya. 

Adanya flight pass di IKN disampaikan juga oleh Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama Ardi Syahri. "Rencananya (flight pass) tetap ada," kata Ardi kepada IDN Times melalui pesan pendek, 29 Juli 2024. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya