TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

KPK Akan Analisa Laporan Penggunaan Jet Pribadi Kaesang, Tuntas 4 Hari

Kaesang mengaku tiket per orang Rp90 juta

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan ketika memberikan keterangan pers soal laporan dugaan gratifikasi Kaesang Pangarep di gedung C1 KPK. (IDN Times/Santi Dewi)

Jakarta, IDN Times - Deputi Pencegahan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Pahala Nainggolan mengatakan, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep datang ke gedung C1 KPK untuk meminta arahan terkait pemberitaan tentang dia yang menggunakan jet pribadi ke Amerika Serikat (AS).

Tim dari kedeputian pencegahan, kata Pahala, kemudian menjelaskan apa yang dimaksud dengan gratifikasi.

"Ternyata Beliau dan tim sudah menyiapkan dokumen yang di-download dari (tim) gratifikasi online dan sudah diisi. Ya, sudah kita lihat isinya. Ada beberapa hal (yang ditelusuri). SOP kami kan menerima laporan dan pasti kami menanyakan kronologi secara detail," ujar Pahala di gedung C1 KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (17/9/2024).

Sesuai dengan prosedur yang berlaku, tim komisi antirasuah akan menganalisa laporan itu paling lambat 30 hari. "Tapi, saya rasa 3-4 hari selesai lah," tutur dia.

Kemudian, sesuai dengan kewenangan KPK di dalam undang-undang, komisi antirasuah akan menetapkan apakah penggunaan jet pribadi itu masuk ke dalam penerimaan gratifikasi atau tidak. Bila dianggap gratifikasi, maka biayanya harus dibayarkan kembali ke negara.

"Kalau misalnya kami sebut bahwa hasilnya ditetapkan sebagai milik negara, maka fasilitas tersebut dikonversi jadi uang. Nanti uangnya disetor (ke negara)," katanya.

Ia menambahkan, Kaesang mengaku tiket untuk menumpang jet pribadi itu per orang Rp90 juta. "Seandainya itu diumumkan milik negara, maka uang tiket itu diserahkan," imbuhnya.

Sebelumnya, Kaesang secara mendadak mendatangi gedung C1 KPK pada Selasa pagi tadi. Ia mengaku sekedar nebeng jet pribadi milik temannya yang kebetulan menuju ke Negeri Paman Sam.

Namun, ia tidak menjelaskan siapa teman pemilik jet pribadi yang bisa ditebengi tersebut. Termasuk apakah ada imbal balik yang diberikan oleh Kaesang kepada temannya usai memberikan tumpangan baginya dan istrinya, Erina Gudono, untuk plesiran ke AS.

Baca Juga: Kaesang Klaim Mau Naik Pesawat Komersil tapi Ditawari Jet Pribadi

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya