TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Golkar: Cagub Pilkada Jakarta-Jabar Akan Diumumkan Bareng Elite KIM

Cagub akan diumumkan bersama calon wakil gubernur

Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia, di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat. (www.instagram.com/@golkar.indonesia)

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia, mengatakan calon gubernur Jakarta dan Jawa Barat akan diumumkan bersama dengan para ketua umum partai politik anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Sebab, kata Doli, dua provinsi tersebut termasuk wilayah strategis dan penting bagi KIM, meski partai berlambang pohon beringin itu sudah resmi mengusung Ridwan Kamil maju di Pilkada Jakarta. 

"Kami memang belum mengumumkan (Ridwan Kamil secara resmi) karena prosesnya tinggal memasuki tahap akhir. Di area strategis ini, akan kami umumkan bersama pasangannya. Khusus di dua daerah ini, akan disampaikan bersama oleh pimpinan Koalisi Indonesia Maju (KIM)," ujar Doli di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Kamis (8/8/2024). 

Doli memberikan sinyal yang turut mengusung Ridwan Kamil tidak hanya partai-partai anggota KIM. Melainkan partai di luar KIM yang selama dua pekan terakhir digadang-gadang ikut mendukung mantan Wali Kota Bandung tersebut. Diketahui, belakangan muncul wacana KIM Plus yang beranggota partai di dalam dan luar KIM.

"Bisa saja dengan partai politik lain yang menerima proposal Golkar untuk menerima Ridwan Kamil di Jakarta. Jadi sekarang dalam proses akhir. Mudah-mudahan dalam waktu satu dua hari ini tuntas," imbuhnya. 

1. Golkar akan ajukan Jusuf Hamka sebagai calon wakil gubernur di Pilkada Jakarta

Jusuf Hamka (IDN Times/Tata Firza)

Terkait nasib bos jalan tol dan juga politikus senior Golkar, Jusuf Hamka, Doli menyebut partainya akan mengusulkan dia sebagai pendamping Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta.

Namun, analis politik ragu pasangan Golkar itu akan direstui partai-partai lain di dalam KIM. Di sisi lain, Jusuf Hamka yang akrab disapa Babah Alun itu juga disebut-sebut akan mendampingi politikus Partai Gerindra, Dedi Mulyadi, di Pilkada Jawa Barat. 

"Setelah partai-partai di dalam KIM atau KIM Plus sepakat dengan Ridwan Kamil sebagai calon gubernur, maka tahap berikutnya membicarakan siapa calon wakil gubernur yang disepakati oleh partai-partai politik," kata pria yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi II DPR RI itu. 

Doli bahkan menyebut Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tetap mengajukan sang ketua umumnya, Kaesang Pangarep, maju di Pilkada Jakarta. Spekulasi kini berkembang, Ridwan Kamil akan dipasangkan dengan Kaesang di Pilkada Jakarta. 

Baca Juga: PKS Dorong Anies Gabung Parpol jika Tetap Ingin Maju Pilkada

2. Golkar tak membantah Prabowo akan temui Presiden PKS

Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia di kantor DPP Partai Golkar pada 8 Agustus 2024. (IDN Times/Santi Dewi)

Doli juga tak membantah Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, akan berkomunikasi dengan elite Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Hal itu dalam rangka membicarakan koalisi di Pilkada dan kemungkinan PKS mendukung Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta 2024. 

"Kalau Pak Prabowo ingin bersilaturahmi dengan semua pimpinan parpol manapun, saya pikir itu sesuatu yang baik-baik saja. Mungkin itu konteks lebih pada pembicaraan kebangsaan selama lima tahun ke depan, termasuk isu Pilkada," ujar dia. 

Namun, Doli meyakini soal Pilkada dan koalisi, belum akan dibicarakan Prabowo dengan petinggi PKS. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya