TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Anies Ucapkan Selamat Ulang Tahun ke Prabowo, Doakan Tetap Sehat

Prabowo berulang tahun ke-72

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto ketika hadir di pelantikan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta 2017 lalu. (ANTARA FOTO/Wahyu Putranto A.)

Jakarta, IDN Times - Bakal capres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, mengucapkan selamat ulang tahun kepada pesaingnya pada Pemilu 2024, Prabowo Subianto. Hari ini, Selasa (17/10/2023) Prabowo berulang tahun ke-72. 

"Selamat ulang tahun, semoga selalu sehat, dimudahkan dalam menjalankan amanat yang diembankan. Semoga selalu dalam keberkahan. Barakallah fi umrik," ujar Anies di Jakarta Selatan, Selasa. 

Relasi Anies dan Prabowo di dunia politk pernah erat. Dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu, Prabowo mendukung penuh Anies dalam melawan Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama dan Djarot Syaiful Hidayat. 

Pasangan Anies-Sandiaga Uno ketika itu berhasil meraih 57,96 persen suara. Sedangkan, pasangan Ahok-Djarot meraih 42,02 persen suara. 

Namun, Anies sempat dituduh berkhianat kepada Prabowo lantaran tetap maju dalam Pemilu 2024 sebagai calon presiden (capres). Padahal, menurut Anies, ia sudah menepati janji tidak maju pada Pemilu 2019.

"Sebenarnya sederhana. Saya sampaikan pada waktu mulai bekerja bahwa saya akan fokus di Jakarta selama lima tahun. Sesudah Pilkada 2017 itu ada Pilpres 2019. Jadi, saya sampaikan saya tidak akan tengok kanan kiri. Saya akan full lima tahun di Jakarta karena itu saya tidak akan mengikuti pilpres," kata Anies ketika berbicara di program siniar Merry Riana pada Februari 2023 lalu. 

Lalu, apa tanggapan Anies soal Prabowo yang digadang-gadang akan berpasangan dengan Gibran pada Pemilu 2024?

Baca Juga: Putusan MK tentang Usia Capres Cawapres, Anies Baswedan: Kita Hormati

Baca Juga: Tes Kesehatan di RS Fatmawati, Anies Pilih Gowes Sepeda dari Rumah

1. Anies siap adu gagasan dan ide dengan capres mana pun

Bakal capres dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan ketika mendatangi RS Fatmawati untuk melalui tes kesehatan. (Dokumentasi tim media Anies)

Lebih lanjut, Anies tidak mempermasalahkan bila Gibran bakal berpasangan dengan Prabowo Subianto. Ia mengatakan, semua peserta Pemilu 2024 merupakan warga negara. 

"Jadi, siapa pun nanti yang jadi calon dan sudah dalam proses kompetisi, ya, kita semua beradu gagasan, rekam jejak, rekam prestasi dan karya. Itu saja," ujar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut. 

Anies pun kini mantap menggandeng Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar untuk menghadapi Pemilu 2024. 

Baca Juga: Gibran Cawapres Prabowo? Gerindra: Tinggal Tunggu Keputusan Koalisi

2. Tim AMIN akan mendaftar pada 19 Oktober pukul 08.00 secara meriah

Bakal cawapres, Muhaimin Iskandar ketika membonceng Anies Baswedan di Sumenep, Madura pada akhir pekan. (Dokumentasi tim media AMIN)

Sementara, tim AMIN memastikan diri bakal jadi yang pertama mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 19 Oktober 2023 pukul 08.00 WIB. Anies dan Cak Imin sudah melakukan tes kesehatan sebagai syarat yang harus diserahkan ke KPU. 

Di sisi lain, Sekretaris Jenderal PKS, Habib Aboe Bakar, mengatakan, proses pendaftaran pada Kamis esok akan berlangsung meriah. Namun, ia enggan membocorkan apa saja rangkaian acara yang akan ditampilkan pada Kamis esok. 

"Aksi-aksinya jangan dijawab sekarang. Lihat suasananya. Sangat menakjubkan besok," ujar Aboe Bakar di Monas, Jakarta Pusat.

Pihak AMIN juga sudah mengirimkan surat pemberitahuan kepada KPU bahwa mereka akan mendaftar pada Kamis esok. 

Baca Juga: Anies: Tiap Kritik Rakyat Seharusnya Dijawab Data, Bukan Dilaporkan Polisi

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya