TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Anies Tak Menyesal Gagal Berlaga di Pilkada 2024

Anies akui dapat undangan untuk maju di Pilkada Jabar

Anies Baswedan hadir di acara Ngobrol Seru by IDN Times pada Selasa (11/6/2024). (IDN Times/Tata Firza)

Jakarta, IDN Times - Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengaku tidak menyesali realita ia gagal mendapatkan tiket untuk berlaga di Pilkada Jakarta 2024. Meskipun, Anies akui mendapat tawaran dari salah satu partai politik untuk maju di Pilkada Jawa Barat.

Anies tak menyebut nama parpol tersebut. Tetapi, sudah menjadi rahasia umum, PDIP yang pada Kamis kemarin berupaya membujuk Anies bergeser maju di Pilkada Jabar.

"Kami apresiasi sekali ajakan ini, panggilan ini, tapi dengan mempertimbangkan berbagai faktor, kami putuskan untuk tidak mengikuti kontestasi di Jawa Barat," ujar Anies dalam keterangan resminya yang diunggah dalam bentuk video dan tayang pada Jumat (30/8/2024).

Ia memutuskan menyampaikan keterangan tidak dalam bentuk jumpa pers. Melainkan komunikasi satu arah melalui video yang tayang di akun resmi YouTubenya.

Ia pun mengaku tidak menyesal gagal berlaga di Pilkada 2024. Justru mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengaku lega tiap kali berhasil melewati persimpangan jalan.

"Mungkin ada yang tanya, apakah ada penyesalan tidak mengikuti pilkada ini? Kalau saya ditanya apakah ada penyesalan, tidak ada. Justru yang saya sesali adalah aspirasi warga kampung-kampung miskin kota, rakyat miskin kota yang setelah pilpres kemarin rombongan datang bergantian dan menyampaikan aspirasi agar mengembalikan ke kondisi yang kemarin mereka rasakan," tutur dia.

Sebab, selama 1,5 tahun terakhir, hak yang sempat mereka rasakan, hilang. "Kalau ada perasaan ya ini perasaan (mengganjal), aspirasi ini tidak bisa kita tuntaskan. Lihat warga Kampung Bayam yang terlantar, berat rasanya. Bahwa, kita tidak bisa tuntaskan untuk perbaikan ekonominya," kata dia.

Ke depan Anies pun mengaku bakal tetap merawat aspirasi dan perjuangan untuk membuat perubahan.

Baca Juga: Anies: Kita Ingin Demokrasi Ini Bermanfaat buat Rakyat, Bukan Elite

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya