TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Amnesty Desak Aparat Usut Tuntas Pembunuhan Pilot Selandia Baru

Pilot Glen Malcolm Conning tewas dalam serangan KKB

Jenazah pilot Selandia Baru, Glen Malcolm Conning tiba di kargo Bandara Mozes Kilangin, Timika, Papua Tengah. (IDN Times/Endy Langobelen)

Intinya Sih...

  • Pilot Selandia Baru, Glen Malcolm Conning, tewas dalam serangan KKB di Papua Tengah.
  • Amnesty International Indonesia mengutuk pembunuhan tersebut dan menuntut pelaku diadili.
  • Jenazah pilot diterbangkan ke Jakarta dan akan diteruskan ke Selandia Baru. Helikopter tidak dibakar seperti yang disampaikan sebelumnya.

Jakarta, IDN Times - Tewasnya pilot Selandia Baru, Glen Malcolm Conning dalam aksi serangan yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Landasan Bandara Alama, Distrik Alama, Papua Tengah pada Senin kemarin, menuai kecaman dari beragam pihak. Salah satunya datang dari Amnesty International Indonesia (AII). 

Direktur eksekutif AII, Usman Hamid mengucapkan duka mendalam atas meninggalnya Glen Conning. Ia mengaku turut berempati kepada keluarga Conning yang ditinggalkan. 

"Pembunuhan di luar hukum tersebut merupakan pelanggaran berat hukum kemanusiaan internasional. Perlindungan warga sipil adalah prinsip fundamental yang harus selalu dijunjung tinggi," ujar Usman di dalam keterangan tertulis dan dikutip pada Rabu (7/8/2024). 

Ia menambahkan penargetan dan pembunuhan terhadap warga sipil yang dilakukan secara sengaja tidak dapat diterima. Usman kembali mengingatkan agar semua pihak yang terlibat dalam konflik Papua harus menghindari aksi pembunuhan terhadap warga sipil. Tujuannya, agar konflik kekerasan di Papua tidak terus berkepanjangan. 

Baca Juga: Komnas HAM Kecam Serangan Pilot Selandia Baru Glen Conning di Papua

1. Amnesty desak aparat bawa pelaku pembunuhan pilot Selandia Baru ke pengadilan

Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia (AII), Usman Hamid (tengah). (IDN Times/Santi Dewi)

Lebih lanjut, Usman mendesak agar pelaku pembunuhan pilot Glen Malcolm Conning dibawa ke pengadilan. Namun, itu semua diawali dengan eksaminasi forensik dan autopsi jenazah korban. 

"Sangat penting bahwa mereka yang bertanggung jawab atas pembunuhan di luar hukum ini diadili dan harus segera mengambil langkah-langkah untuk mencegah insiden serupa di masa depan," kata Usman. 

Kini, jenazah pilot Glen Conning diterbangkan ke Jakarta. Dari Jakarta, jenazah akan diterbangkan ke Selandia Baru. 

Baca Juga: CEK FAKTA: KKB Bakar Pilot Selandia Baru di Alama Papua Tengah

2. KKB langsung bunuh pilot Glen Conning usai tiba di Distrik Alama

Proses evakuasi pilot Selandia Baru yang diduga dibunuh KKB (Dok. Satgas Damai Cartenz 2024)

Sementara, menurut Kepala Humas Satgas Damai Cartenz, Kombes (Pol) Bayu Suseno serangan terhadap helikopter yang dikemudikan oleh Conning bermula dari ia mengangkut enam penumpang dari Bandara Mosez Kilangin Timika dengan tujuan Distrik Alama pada Senin kemarin sekitar pukul 09.30 WIT. Helikopter yang dikemudikan jenis IWN, MD.500 ER PK. 

Di dalamnya terdapat empat tenaga kesehatan, satu anak dan satu bayi. Saat tiba di Distrik Alama sekitar pukul 10:00 WIT, helikopter langsung dihadang oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). 

Menurut Bayu, KKB turut membakar helikopter yang di dalamnya terdapat jenazah Conning.

"Kronologi kejadian berawal ketika helikopter tiba di Distrik Alama dan dicegat oleh KKB bersenjata api. Pilot dan penumpang diturunkan dari helikopter dan dikumpulkan di lapangan sekitar lokasi pendaratan. Setelah itu, KKB langsung membunuh pilot," ujar Bayu di dalam keterangan tertulis. 

"Seluruh penumpang dalam keadaan selamat karena mereka merupakan warga setempat," katanya. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya