TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Juta Data NPWP Diduga Bocor dan Diperjualbelikan di Media Sosial

Ada NPWP milik Jokowi, Kaesang hingga Sri Mulyani

ilustrasi peretasan (IDN Times/Mardya Shakti)

Intinya Sih...

  • 6 juta data NPWP diduga bocor dan dijual di dark web
  • Data yang bocor termasuk Presiden Jokowi, Menkominfo, Menteri Keuangan, dan putra Jokowi
  • Tidak ada respons dari Menkominfo terkait kebocoran data pribadi ini

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 6 juta data NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) diduga bocor dan diperjualbelikan di dark web. Lagi-lagi ini merupakan ulah pelaku yang menamakan dirinya sebagai 'Bjorka'. Informasi ini disampaikan oleh praktisi keamanan siber, Teguh Aprianto di akun media sosialnya. 

"Sebanyak 6 juta data NPWP diperjualbelikan dengan harga Rp150 juta. Data yang bocor di antaranya NIK (Nomor Induk Kependudukan), NPWP, alamat, nomor ponsel, e-mail dan lain-lain," demikian cuit Teguh di akun media sosialnya pada Rabu (18/9/2024). 

Ia menyebut data-data penting yang diduga bocor itu milik Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Menkominfo Budi Arie Setiadi, Menteri Keuangan Sri Mulyani hingga dua putra Jokowi. "Pelaku memberikan data-data itu di dalam sampelnya," kata dia. 

1. Total ada 6,6 juta data yang dijual di dark web

Bukti data pribadi terkait NPWP yang diduga bocor dan diperjualbelikan di media sosial. (Tangkapan layar X Teguh Aprianto)

Lebih lanjut, Teguh juga menyertakan tangkapan layar unggahan penjahat siber di dark web Breach Forums. Dalam tangkapan layar tersebut, unggahan tampak dibuat oleh akun bernama Bjorka pada September 2024.

Total ada 6,6 juta yang dijual dalam forum tersebut. Data-data tersebut dibanderol dengan harga US$10 ribu atau sekitar Rp153,1 miliar.

Perusahaan keamanan siber Falcon Feeds, lewat akunnya di X, juga mengungkap penjualan data Ditjen Pajak yang bocor berisi informasi pribadi seperti NIK, NPWP, alamat, email, nomor telepon, dan tanggal lahir.

"Seorang anggota forum pembobolan mengklaim telah membocorkan data dari Direktorat Jenderal Pajak, otoritas pajak resmi Indonesia. Data yang bocor tersebut dilaporkan berisi informasi pribadi seperti nama, NIK (Nomor Induk Kependudukan), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), alamat, email, nomor telepon, dan tanggal lahir. NB: Keaslian klaim ini belum diverifikasi," cuit Falcon Feeds.

Baca Juga: Soal PDN, Budi Arie: Pemulihan Data Sudah Beres, Kunci Berfungsi

2. Terduga pelaku pembocoran memberikan sampel data yang mereka dapatkan

25 sampel data NPWP yang dibocorkan dan dijual oleh pelaku. (Tangkapan layar X Teguh Aprianto)

Teguh juga melampirkan bukti berupa 25 sampel data teratas yang telah dibocorkan dan dijual oleh pelaku di media sosial. Sementara, jumlah sampel data mencapai 10 ribu. 25 nama teratas yang berada dalam daftar tersebut di antaranya Presiden Jokowi beserta kedua putranya, Gibran dan Kaesang. Kemudian ada nama sejumlah menteri seperti Menkominfo Budi Arie Setiadi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, hingga Menteri BUMN Erick Thohir.

"Field di dalam sampel terdapat NIK, NPWP, nama, alamat, kelurahan, kecamatan, kabkot, provinsi, nama_kanwil, jenis_wp, badan_hukum," katanya. 

Baca Juga: BCA Bantah Data Bocor: Kami Terapkan Standar Keamanan Berlapis

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya