TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mengenal Seskoal, Sekolah Pencetak Perwira TNI AL

Selamat HUT Seskoal!

(Dok. Seskoal)

Jakarta, IDN Times - HUT Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) diperingati setiap 26 November. Seskoal dibangun sebagai upaya untuk mencetak calon-calon pemimpin TNI, khususnya TNI Angkatan Laut (TNI AL) yang berkualitas untuk mampu menghadapi tantangan masa depan.

Seperi dilansir di laman resmi Seskoal, melalui penyelenggaraan pendidikan bagi perwira menengah (Pamen) TNI AL setingkat dengan Sekolah Staf dan Komando (Sesko), Seskoal harus menjadi pusat yang cemerlang dalam pendidikan pertahanan matra laut.

Lantas bagaimana sejarah, dan visi misi Seskoal, yuk simak ulasan ini.

Baca Juga: TNI AL Pecahkan Rekor MURI Water Trappen di HUT ke-77 TNI

1. Presiden Seskoal yang pertama ditunjuk Komodor Laut O.B. Syaaf.

(Dok. Seskoal)

Pada 26 Nopember 1962, berdasarkan Surat Keputusan Menteri/KSAL Laksamana TNI R. E. Martadinata pada 26 Nopember 1962 Nomor: 5401.52. Dibentuklah Seskoal dan sebagai Presiden Seskoal yang pertama ditunjuk Komodor Laut O.B. Syaaf.

Sejak berdirinya sampai sekarang, Seskoal menempati suatu kompleks di Cipulir, Jakarta Selatan dengan lingkungan yang asri, sehingga kampus ini sangat representatif untuk kegiatan belajan-mengajar.

Hingga kini, Seskoal adalah Badan Pelaksana Pusat TNI Angkatan Laut yang berkedudukan langsung di bawah Kepala Staf TNI Angkatan Laut, dengan unsur pimpinan terdapat Komandan Seskoal (Danseskoal) dan Wakil Komandan Seskoal (Wadan Seskoal) mengemban tugas pokok.

Baca Juga: Dijuluki 'Hantu Laut', Ini Sejarah Dibentuknya Korps Marinir TNI AL

2. Fungsi, tugas hingga visi misi Seskoal

(Dok. Seskoal)

Fungsi dan tugas Seskoal, pertama, melaksanakan pendidikan pengembangan umum tertinggi perwira TNI Angkatan Laut, agar mampu mengembangkan tugas-tugas komando dan staf tingkat Angkatan Tugas di lingkungan TNI Angkatan Laut.

Fungsi dan tugas Seskoal kedua adalah melaksanakan pengkajian masalah kejuangan dan masalah strategi pertahanan matra laut.

Visi lembaga ini adalah Seskoal harus menjadi pusat yang cemerlang dalam pendidikan pertahanan matra laut, dan Seskoal harus menjadi pusat yang cemerlang dalam pengkajian masalah keamanan laut dan strategi.

Sementara, misi Seskoal adalah menyelenggarakan pendidikan pengembangan umum tertinggi di lingkungan TNI Angkatan Laut, dan menyelenggarakan pengkajian masalah kejuangan dan strategi pertahanan negara matra laut.

Fungsi dan tugas Seskoal kedua adalah melaksanakan pengkajian masalah kejuangan dan strategi pertahanan matra laut. Sementara, visi Seskoal adalah menjadikan Seskoal pusat yang cemerlang dalam pendidikan pertahanan matra laut, dan menjadi pusat yang cemerlang dalam pengkajian masalah keamanan laut dan strategi.

Sedangkan, misi Seskoal adalah menyelenggarakan pendidikan pengembangan umum tertinggi dilingkungan TNI Angkatan Laut dan menyelenggarakan pengkajian masalah kejuangan dan strategi pertahanan negara matra laut.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya