TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Udara di Jakarta Buruk, Jokowi Panggil Menteri LHK

Jokowi juga ingatkan terkait musim kemarau panjang 2023

Presiden Jokowi dan Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar di Glasgow. (twitter.com/SitiNurbayaLHK)

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memanggil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, ke Istana Kepresidenan terkait polusi udara di DKI Jakarta.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, mengatakan Siti dipanggil ke Istana pada Jumat (16/6/2023) sore.

"Benar Menteri LHK Bu Siti Nurbaya dipanggil Bapak Presiden terkait polusi udara," ujar Bey kepada wartawan.

Baca Juga: Polusi Udara di Jakarta Buruk, Segera Sahkan Pergub Udara Bersih!

Baca Juga: Kelakar Heru soal Polusi Udara Jakarta Buruk: Saya Tiup Saja

1. Jokowi ingatkan soal kemarau panjang

Presiden Joko (Jokowi) Widodo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Bey menerangkan, Presiden Jokowi juga mengingatkan Siti Nurbaya terkait musim kemarau panjang tahun 2023. Oleh karena itu, Jokowi meminta Kementerian LHK melakukan persiapan agar tidak terjadi krisis.

"Jadi Bapak Presiden minta Kementerian LHK mengantisipasi hal ini dengan berkoordinasi, bekerja sama dengan instansi terkait," ucap dia.

"Menteri LHK melaporkan COP28 yang akan dilaksanakan di UEA pada akhir tahun dan juga melaporkan tentang alat-alat monitoring polusi udara yang dimiliki," sambungnya.

2. Indeks kualitas udara Jakarta berada di angka 152

ilustrasi polusi udara pekat (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Diketahui, indeks kualitas udara di Jakarta berada di angka 152 pada Selasa (6/6/2023) lalu dengan polutan utamanya PM2.5 dan nilai konsentrasi 57 µg/m³ (mikrogram per meter kubik).

Padahal, standar kualitas udara ideal dari WHO yakni memiliki bobot konsentrasi PM2.5 antara 0 sampai 5 mikrogram per meter kubik.

"Konsentrasi PM2.5 di Jakarta saat ini 11,4 kali nilai panduan kualitas udara tahunan WHO," demikian dikutip dari lama IQAir.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya