TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tol Cusumdawu Dibuka 14 April 2023, Disiapkan untuk Mudik

Tol Cisumdawu nanti bisa ditembuskan ke Cipali

Tol Cisumdawu. (dok. Kementerian PUPR)

Jakarta, IDN Times - Menteri PUPR, Basuki Hadimuldjono, mengatakan akan membuka Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) pada 14 April 2023. Tol itu dioperasikan untuk persiapaan mudik lebaran Idul Fitri 1444 H.

"Minggu lalu sudah saya tengokin, mudah-mudahan tanggal 14 kita bisa open kalau di tahap awal itu 2 lajur, jadi nanti misalnya arus mudik dari Bandung ke sana arus balik dari sini InsyaAllah bisa," ujar Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (4/4/2023).

Baca Juga: Menteri Basuki Pastikan Tol Cisumdawu Bisa Dipakai untuk Mudik Lebaran

1. Bisa kurangi kepadatan lalu lintas saat mudik

ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/kye

Meski demikian, Basuki tak menjelaskan apakah Tol Cisumdawu itu akan digratiskan terlebih dulu atau langsung berbayar ketika dibuka pada 14 April 2023. Dalam kesempatan itu, Basuki hanya menyebut Tol Cisumdawu bisa membantu mengurai arus lalu lintas di selatan Jawa di mudik lebaran.

"Sudah tembus dari Cileunyi sampai ke Cimali, panjangnya 90 km," kata dia.

2. Pemerintah prediksi 123 juta orang bakal mudik lebaran 2023

ANTARA/Raisan Al Farisi/agr.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memprediksi 123 juta orang Indonesia bakal mudik pada pada Idul Fitri 1444 H/2023 M. Jumlah tersebut naik dari tahun 2022 sebanyak 85 juta orang.

"Untuk di Jabodetabek, dari 14 juta jadi 18 juta. Artinya, terjadi kenaikan 47 persen untuk nasional dan 27 persen untuk Jabodetabek," ujar Budi dalam konferensi pers di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta pada Jumat, 24 Maret 2023.

Baca Juga: Ridwan Kamil Harapkan Tol Cisumdawu Beroperasi Sebelum Lebaran 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya