TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Seribu Undangan Disiapkan untuk Upacara HUT RI ke-79 di IKN

Peringatan HUT ke-79 RI digelar di IKN dan Jakarta

Konferensi pers Bulan Kemerdekaan 2024 di Kementrian Sekretariat Negara (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Jakarta, IDN Times - Kementerian Sekretariat Negara telah bersiap untuk menggelar peringatan HUT ke-79 RI. Kepala Sekretariat Presiden, Heru BUdi Hartono, mengatakan acara HUT kali ini digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Jakarta.

Heru menjelaskan, kegiatan upacara militer hanya dilakukan di IKN. Terkait tamu undangan, Heru mengatakan hanya mengundang seribu orang untuk upacara kenaikan dan penurunan bendera di IKN.

Seribu orang itu nantinya bisa menyaksikan langsung proses pengibaran bendera pusaka di IKN.

"Semua ada keterbatasan, maka dari itu di IKN maupun di Jakarta upacara penyelenggaraan 7 Agustus, dengan undangan kurang lebih di IKN kami mempersiapkan 1.000 di pagi hari, sore hari 1.000 plus yang 380 di main hall, untuk di Jakarta 1.500 pagi dan 1.500 sore," ujar Heru di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (1/8/2024).

Selain itu, ada juga masyarakat yang akan ditempatkan di sekitar Gedung Plaza Ceremony, Lapangan Hijau dan Kementerian Koordinator sekitar 1.500 orang.

"Nanti menggunakan tenda-tenda, nanti masyarakat yang diundang bisa juga menyaksikan dari sana," kata dia.

1. Jokowi dan Prabowo di IKN

Presiden Joko "Jokowi" Widodo ketika berjabat tangan dengan Prabowo. (www.instagram.com/@prabowo)

Heru mengatakan, nantinya Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan didampingi Presiden terpilih Prabowo Subianto di IKN. Sementara, Wakil Presiden Ma'ruf Amin berada di Istana Merdeka, Jakarta bersama Gibran Rakabuming Raka.

"Tata upacara militer berada di IKN, dimulai pukul 11 dan tentunya menyesuaikan dengan waktu Jakarta pukul 10.00 WIB. Apa yang dilakukan di Istana Jakarta adalah tambahan hiburan jadi nanti dikombinasikan teman-teman bisa melihat di media, di Jakarta dengan IKN tetap menyambung dan waktunya semuanya bersamaan," kata dia.

"Tapi dimulai nanti susunan acara itu 8.30 WIB. 8.30 itu mulai acara kegiatan hiburan dentum akan diambil alih pada pukul 11 atau pukul 10.00 WIB," sambungnya.

Selain itu, jumlah menteri yang berada di IKN dan Jakarta akan dibagi dua. Hal itu karena keterbatasan tempat.

Baca Juga: Jumlah Tamu Upacara HUT RI di IKN Berpotensi Dipangkas

2. Belum bisa beberkan hiburan apa saja yang akan diselenggarakan

Konferensi pers Bulan Kemerdekaan 2024 di Kementrian Sekretariat Negara (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Terkait dengan hiburan apa saja yang nantinya akan ada di IKN dan Jakarta, Heru masih enggan membeberkannya.

"Hiburan ada sebagian di IKN juga dan sebagian lagi ada di Jakarta. Apa saja hiburannya? Sebaiknya nanti kita tunggu tanggal 17 Agustus," ujar Heru.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya