TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Respons Jokowi Diklaim Zulhas Sudah Masuk PAN

Jokowi sebut partai yang masuk koalisinya adalah keluarga

Presiden Jokowi ajak Zulkifli Hasan dan Ganjar Pranowo blusukan di Pasar Cepego, Boyolali (dok. Sekretariat Presiden)

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo merespons klaim Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan (Zulhas), yang menyebutnya sudah bergabung ke PAN. Menurut Jokowi, PAN merupakan partai koalisi pemerintahannya.

"Begini, partai PAN ini kan masuk koalisi pemerintah, jadi PAN itu masuk ke keluarga kita, kalau kita jadi keluarga kan PAN juga sama kita, dan kita masuk ke keluarga PAN," ujar Jokowi di Ancol, Jakarta Utara, Senin (11/12/2023).

Baca Juga: Dinilai Jadi Alumnus UGM Paling memalukan, Jokowi Ingatkan Etika Timur

1. PDI Perjuangan juga merespons

Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menanggapi pernyataan yang dilontarkan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, soal Presiden Jokowi yang tak lagi di PDIP.

Menurut Hasto, pernyataan itu adalah cara Zulkifli membantu pasangan nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

"Secara tidak langsung merupakan cara Pak Zulkifli Hasan membantu Pak Ganjar dan Prof Mahfud MD," kata Hasto, yang juga Sekretaris Jenderal DPP PDIP itu, di Serang, Banten, Jawa Barat, Minggu (10/12/2023).

2. Hasto sindir Prabowo tidak bisa blusukan

Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, terkait munculnya kabar klaim Zulhas tentang keanggotaan Jokowi menunjukkan PAN tidak solid mendukung Prabowo-Gibran. Hasto menyinggung sosok Prabowo yang tidak bisa blusukan.

"Ya, bagaimana? Pak Prabowo blusukan saja enggak bisa. Bagaimana mau solid? Sebab di dalam pemilu ini yang mau diukurkan gerakan dari calon, bukan imitasi dari calon," kata Hasto.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya