TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

PDIP: Secara Khusus Kami Tidak Minta Anies Maju di Pilkada Jabar

Anies tak ikut dalam kontestasi Pilkada serentak 2024

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di DPP PDIP, Jakarta, Kamis (22/8/2024). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Intinya Sih...

  • PDI Perjuangan tak secara khusus meminta Anies Baswedan maju di Pilkada Jabar.
  • Ada komunikasi yang dibangun antara PDI Perjuangan dan Anies terkait urusan Jakarta.
  • Juru bicara Anies Baswedan mengakui adanya tawaran dari salah satu partai untuk mengusung Anies di Pilkada Jawa Barat 2024.

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, partainya tak secara khusus meminta Anies Baswedan maju di Pilkada Jawa Barat (Jabar). Hasto menyinggung ada tembok kekuasan yang mencoba menghalangi.

"Secara khusus tidak (meminta Anies maju di Pilkada Jabar). Tetapi ini menunjukkan bagaimana memang publik memberikan suatu persepsi yang cukup luas. Nah, hanya saja dengan apa yang terjadi Jakarta termasuk yang dialami oleh PDI Perjuangan yang mencoba untuk dihadapkan pada tembok-tembok kekuasaan, itu kan akhirnya kekuatan rakyat itu berbicara," ujar Hasto di kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Jumat (30/8/2024) dini hari.

Meski demikian, Hasto mengakui adanya komunikasi yang dibangun PDI Perjuangan dan Anies. Khususnya, terkait urusan Jakarta.

"Hal yang sangat positif di dalam proses komunikasi di DKI adalah kesalingpahaman antara kader-kader PDI Perjuangan dengan Pak Anies. Bahkan Pak Anies juga mengatakan kepada saya, pemikiran-pemikiran Bung Karno dan Ibu Mega selama ini banyak yang disalahpersepsikan," kata dia.

Selain itu, Hasto menyinggung terkait ada pihak-pihak yang ingin mengepung PDI Perjuangan dalam kontestasi Pilkada Serentak 2024.

"Ya komunikasi berjalan dengan baik (dengan Anies), tetapi untuk semua yang terjadi ini kalau kita melakukan refleksi secara kritis asal-muasalnya, kan ketika ada pihak-pihak yang mencoba mengepung PDI Perjuangan dan kemudian menjadikan Jakarta," ujar Hasto.

Sebelumnya, juru bicara Anies Baswedan, Sahrin Hamid, mengakui ada tawaran dari salah satu partai untuk mengusung Anies Baswedan di Pilkada Jawa Barat 2024. Ia tak menyebutkan secara spesifik apakah tawaran itu dari PDIP.

"Kami ingin sampaikan bahwa memang betul ada permintaan secara khusus dari salah satu partai politik dan kita tahu juga bahwa itu sudah memenuhi syarat untuk juga mendaftarkan yang meminta Pak Anies Baswedan untuk maju di Pilkada Jawa Barat," ujar Sahrin di Jakarta, Kamis (28/8/2024).

Baca Juga: Hasto Ungkap Alasan PDIP Pilih Jeje-Ronal Maju Pilkada Jabar

Baca Juga: Kontroversi Anies vs PDIP Jabar : Tak Ada Aspirasi hingga Upaya Penjegalan 

Baca Juga: Anies Tak Jadi Maju di Pilgub Jabar, Ono Surono: Ada Upaya Penjegalan

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya