TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pastikan Tak Ada Munaslub, Sekjen PBNU: Gak Pernah Ada Sejarahnya

PBNU akui pernah ada wacana munaslub, tapi hilang

Menteri Sosial Saifullah dalam FGD di DPR, Sabtu (28/9/2024) malam) dok Kemensos

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Saifullah Yusuf atau Gus Ipul, mengatakan wacana Muktamar Luar Biasa (MLB) di lingkungan Nahdlatul Ulama (NU) tidak pernah ada dalam sejarah organisasi. Gus Ipul menyatakan, gagasan munaslub memang pernah muncul, tetapi tidak pernah berhasil dan hilang begitu saja.

“Enggak, di NU itu enggak ada MLB. Enggak pernah ada dalam sejarah NU itu munaslub. Pernah digagas, tapi ya akhirnya hilang gitu aja, nggak ada,” ujar Gus Ipul di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (30/9/2024).

1. Kiai dan PBNU memiliki sikap yang sama dalam organisasi

Menteri Sosial (Mensos) Saifullah Yusuf saat sertijab bersama Plt Mensos sekaligus Menko PMK, Muhadjir Effendy (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Menurut Gus Ipul, para ulama dan kiai dalam NU memiliki sikap yang menjaga persatuan organisasi dan tidak ambisius dalam hal jabatan. Hal ini yang menjadi alasan mengapa MLB tidak pernah berhasil di NU.

“Saya percaya betul bahwa NU ini banyak yang menjaga. Kiai-kiai ulama pada dasarnya tidak suka rebutan jabatan. Maka, mereka yang menginginkan munas luar biasa tidak pernah berhasil, dan saya yakin tidak akan pernah berhasil,” kata dia.

2. Pernah ada wacana Munaslub di PBNU

Sekjen PBNU Saifullah Yusuf melambaikan tangan kenarah wartawan sebelum dilantik menjadi Menteri Sosial oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (11/9/2024). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Gus Ipul mengaku, pernah terjadi wacana munaslub di PBNU. Namun, dia tak menjelaskan kapan peristiwa itu terjadi.

“Pernah dulu terjadi juga, tapi akhirnya hilang gitu aja. Jadi nggak ada itu,” ujarnya.

3. Ada kaitannya dengan PKB?

Sekjen PBNU, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul. (Dokumentasi Istimewa)

Saat ditanya apakah munaslub NU ada kaitannya dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Gus Ipul tak menjawab secara lugas.

“Ya, kalau kita lihat figur-figurnya, orang bisa ngambil kesimpulan lah ya kalau lihat figurnya,” kata dia.

“Wacana ini kan muncul jauh sebelum Pilpres, udah muncul lama. Kalau dibuka jejak digitalnya itu sudah jauh-jauh muncul. Ya kita tunggu aja, tapi saya seyakin-yakinnya MLB tidak akan pernah ada di lingkungan Nahdlatul Ulama,” imbuhnya.

Baca Juga: Alasan Muktamar PKB Tandingan Ditunda, Masih Tunggu Arahan PBNU

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya