TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mengundurkan Diri, Airlangga Beberkan Capaian Selama Pimpin Golkar

Airlangga mundur sebagai Ketua Umum Golkar

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto di HUT ke-46 AMPI. (www.instagram.com/@golkar.indonesia)

Intinya Sih...

  • Airlangga Hartarto mundur sebagai Ketua Umum Golkar
  • Mengaku berhasil merebut 102 DPR RI dan berkontribusi pada kemenangan pasangan Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024

Jakarta, IDN Times - Airlangga Hartarto resmi mundur sebagai Ketua Umum Golkar. Airlangga mengaku sudah tidak menjadi Ketua Umum Golkar pada Sabtu, 10 Agustus 2024.

Melalui video pengunduran dirinya, Airlangga kemudian membeberkan capaiannya selama menjadi Ketua Umum Golkar.

"Di dalam Pemilu lLegislatif 2024, kita telah bersama-sama menaikkan pencapaian partai kita dengan merebut 102 DPR RI, serta ratusan, bahkan ribuan kursi parlemen di berbagai tingkat pemerintahan dari Sabang sampai Merauke," ujar Airlangga dalam pernyataan video, dikutip Minggu (11/8/2024).

Selain itu, kata Airlangga, Golkar juga menjadi bagian kemenangan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024.

"Dengan keringat bersama serta tekad bersama, Partai Golkar berhasil melakukan transformasi menjadikan dirinya menjadi kebanggaan seluruh kader kita. Selain itu, dalam pilpres yang lalu kita berhasil memberikan kontribusi besar dalam kemenangan pasangan Bapak Prabowo Subianto dan Mas Gibran Rakabuming Raka," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Airlangga mengungkapkan alasannya mengundurkan diri. Ia mengatakan, ingin menjaga stabilitas transisi pemerintahan dari Presiden Joko "Jokowi" Widodo ke Presiden terpilih Prabowo Subianto.

"Saya Airlangga Hartarto, setelah mempertimbangkan dan untuk menjaga keutuhan Partai Golkar dalam rangka memastikan stabilitas transisi pemerintahan yang akan terjadi dalam waktu dekat, maka dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim serta atas petunjuk Tuhan Yang Maha Besar, maka dengan ini saya menyatakan pengunduran diri sebagai Ketua umum DPP Partai Golkar," kata dia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu mengatakan, nantinya proses pengunduran dirinya akan dilakukan sesuai mekanisme partai.

"Selanjutnya, sebagai partai besar yang matang dan dewasa, DPP Partai Golkar akan segera menyiapkan mekanisme organisasi sesuai dengan ketentuan AD/ART organisasi yang berlaku," kata dia.

Baca Juga: Mundur dari Golkar, Airlangga Hartarto: Saya Pribadi Mohon Maaf

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya