TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Menelusuri Jejak Jokowi Berkantor di IKN, September Cuma 5 Hari?

Istana menyebutkan Jokowi akan berkantor di IKN 40 hari

Potret Presiden Jokowi berkantor di Istana Presiden IKN (dok. Sekretariat Presiden)

Intinya Sih...

  • Presiden Jokowi seharusnya ngantor di IKN selama 40 hari, namun pada 10 September ia melakukan kunjungan kerja ke Sumatra Utara.
  • Pada 12 September, Jokowi baru berangkat ke IKN untuk berkantor dan memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Garuda.
  • Selama bulan September 2024, Jokowi melakukan kunjungan kerja ke beberapa daerah di Indonesia, sehingga hanya berada di IKN selama 5 hari.

Jakarta, IDN Times - Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, sempat mengatakan Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) selama 40 hari, dari 10 September hingga 19 Oktober 2024. Artinya, bila merujuk pada pernyataan Heru, Jokowi akan berada di IKN hingga H-1 jelang pensiun pada 20 Oktober 2024.

"Ya, kalau sampai 19 Oktober berarti 40 harian," ujar Heru di Jakarta, Jumat 6 September 2024.

Namun, pada 10 September 2024, Jokowi rupanya tidak berkantor di IKN. Jokowi memilih kunjungan kerja ke Sumatra Utara.

Di Sumatra Utara, Jokowi meresmikan Jalan Tol Ruas Binjai-Langsa (Seksi 2 Stabat-Tanjung Pura) sepanjang 26,2 km. Kemudian Jokowi juga meresmikan Jalan Tol ruas Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (Seksi 3 dan 4) sepanjang 45,6 km.

Setelah selesai acara di Sumatra Utara, Jokowi kembali ke Jakarta. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kemudian ke Jakarta dan menonton pertandingan Timnas Indonesia vs Australia dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup C, pada September 2024 malam.

Baca Juga: Jokowi Klaim IKN Keinginan Publik, Mahfud: Nasibnya Ditentukan Rakyat

1. Jokowi berada di IKN pada 12-16 September usai reshuffle kabinet

Presiden Jokowi lantik Saifullah Yusuf sebagai Menteri Sosial pada Rabu (11/9/2024). (IDN Times/Trio Hamdani)

Pada 11 September 2024, Jokowi melakukan reshuffle Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta. Jokowi melantik Syaifullah Yusuf atau Gus Ipul sebagai Menteri Sosial. Di hari yang sama, Jokowi juga melantik Eddy Hartono sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Setelah itu, Jokowi meninjau pencanangan MRT Jakarta lintasan Timur-Barat fase 1. Sore harinya, Jokowi memberikan bonus kepada atlet Paralympic Games Paris Tahun 2024 di Halaman Istana Merdeka, Jakarta.

Pada 12 September 2024, barulah Presiden Jokowi berangkat ke IKN untuk berkantor. Agenda pertamanya, Jokowi memberi pengarahan kepada pejabat TNI dan Polri di Istana Negara IKN.

Keesokan harinya, 13 September 2024, Jokowi masih berada di IKN. Jokowi memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Garuda. Ini merupakan sidang paripurna terakhir di Kabinet Indonesia Maju sebelum Jokowi pensiun.

Siang harinya, Jokowi groundbreaking Nusantara Mall Duti Free dan meresmikan Swissotel Nusantara.

Pada 14-16 September 2024, agenda Jokowi internal. Dalam 2 hari ini diketahui tidak ada agenda kenegaraan yang dilakukan Jokowi. 

Kemudian pada 17 September 2024, Presiden Jokowi kembali ke Jakarta. Jokowi meresmikan kawasan Indonesia Islamic Financial Center dan Kantor FIBA Indonesia di Menara Danaerksa, Jakarta.

Pada 18 September 2024, Jokowi meresmikan pembukaan 10Th Indonesia International Geothermal Convention and Exhibition Tahun 2024.

2. Jokowi kunker ke Solo

Presiden Jokowi dalam acara pengarahan pejabat TNI-Polri di IKN (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Pada 19 September 2024, Jokowi kunjungan kerja ke Solo, Jawa Tengah. Jokowi meresmikan Jalan Tol Ruas Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo seksi I Kartasura-Klaten. Masih di Solo, Jokowi juga meresmikan pembukaan Kongres Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia XXII dan Seminar Nasional.

Pada 20 September 2024, Jokowi bergeser ke Surabaya, Jawa Timur. Kunjungan kerjanya ke Pasar Dukuh, Kupang, Kota Surabaya.

Pada 21 September 2024, Jokowi menerima Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Merdeka, Jakarta. Selanjutnya 22 September 2024, Jokowi mengajak dua cucunya, Jan Ethes dan La Lembah Manah, berkunjung ke pameran alat utama sistem persenjataan (alutsista), dalam rangka HUT ke-79 TNI.

Tanggal 23 September 2024, Jokowi terbang ke Sumbawa Barat, NTB. Di sini, Jokowi meresmikan smelter Tembaga dan Pemurnian Logam Mulai PT. Amman Mineral Internasional Tbk. Masih di hari yang sama, Jokowi bergeser ke Gresik, Jawa Timur untuk meresmikan produksi smelter PT Greeport Indonesia.

3. Jokowi berkunjung ke Pontianak

Presiden Jokowi usai peresmian injeksi bauksit perdana Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) PT Borneo Alumina Indonesia (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Pada 24 September 2024, Presiden Jokowi kunjungan Kerja ke Pontianak, Kalimantan Barat. Agenda pertama Jokowi berkunjung ke Pasar Mawar, Kota Pontianak.

Kemudian, Jokowi meresmikan Injeksi Bauksit Perdana Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) PT Borneo Alumina di Kabupaten Mempawah. Jokowi kemudian bergeser ke IKN.

Dengan menggunakan pesawat RJ-85, Presiden Jokowi mendarat di Bandara IKN.

Pada 25 September 2024, Jokowi groundbreaking Teras Hutan IKN By Plataran, groundbreaking Campus Australian Independent School Nusantara, groundbreaking D'PrimeHotel Nusantara, groundbreaking Magnum Resort Nusantara dan groundbreaking Delonix Nusantara.

Siang harinya, Jokowi meresmikan pembukaan Rakornas Badan Amil Zakat Nasional di Istana Negara IKN. Jokowi juga memberikan sambutan pada silaturahmi dengan Asosiasi Forum Kerukunan Umat Beragama se-Indonesia (AFKUBI) di IKN.

Kemudian 26 September 2024, Jokowi berkunjung ke Kabupaten Paser dan Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pada 27 September 2024, agenda Jokowi internal.

28 September 2024, Jokowi sudah berada di Jakarta untuk menerima penyematan brevet kehormatan Hiu Kencana dan Penganugerahan tanda kehormatan Samkarya Nugraha.

Di 29 September 2024, Jokowi terbang ke Lombok, NTB untuk menonton MotoGP Pertamina Mandalika.

Baru pada 30 September 2024, Presiden Jokowi kembali ke Jakarta. Jokowi menerima Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) di Istana Kepresidenan Jakarta.

Bila melihat agenda dari 10-30 September 2024, Jokowi berada di IKN hanya 5 hari.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya