TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Lemhannas Adakan Pelatihan untuk Peningkatan Pemahaman Kebangsaan

Peserta diminta sebarkan nilai-nilai kebangsaan

Lemhanas Adakan Pelatihan untuk Peningkatan Pemahaman Kebangsaan (IDN Times/Istimewa)

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 77 orang mewakili 150 peserta Pelatihan dan Pembinaan Pemantapan Nilai Kebangsaan Angkatan Tahun 2024, resmi dilantik oleh Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI). Mereka menerima pin dan sertifikat sebagai tanda menyelesaikan program.

Pelatihan itu bertujuan memperkuat pemahaman serta penerapan nilai-nilai kebangsaan. Bagi peserta yang tidak dapat hadir, pin dan sertifikat akan dikirim ke alamat masing-masing.

Deputi Kebangsaan Pemantapan Nilai (Taplai) Lemhannas RI, Mayjen TNI Rido Hermawan, mengatakan pelatihan ini merupakan bagian dari upaya Lemhannas RI untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas pemahaman kebangsaan di kalangan masyarakat. Program ini dirancang untuk menjawab tantangan zaman dan mencakup berbagai materi terkait nilai-nilai kebangsaan, wawasan kebangsaan, serta strategi implementasi yang relevan dengan kondisi terkini di Indonesia.

Baca Juga: Lemhanas RI Usul TNI Bentuk Angkatan Siber, Apa Urgensinya?

1. Peserta tidak hanya belajar teori

Lemhannas Adakan Pelatihan untuk Peningkatan Pemahaman Kebangsaan (IDN Times/Istimewa)

Rido menjelaskan, selama pelatihan peserta tidak hanya belajar secara teori tetapi juga diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan berlatih mengimplementasikan nilai-nilai kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari.

"Program ini penting agar nilai-nilai kebangsaan dapat dijadikan fondasi dalam membangun negara yang kuat dan bersatu," ujar Rido dalam keterangannya, dikutip, Rabu (18/9/2024).

Acara penyematan pin dan penyerahan sertifikat dihadiri oleh berbagai pejabat dari TNI-Polri, lembaga pemerintah, profesional, serta tokoh masyarakat.

Rido juga mengapresiasi dedikasi para peserta pelatihan dan berharap ilmu yang diperoleh dapat diaplikasikan untuk kemajuan bangsa. Menurutnya, penyematan pin dan pemberian sertifikat merupakan simbol penghargaan atas usaha dan komitmen peserta dalam memperjuangkan serta menyebarkan nilai-nilai kebangsaan di komunitas masing-masing.

Baca Juga: Lemhanas Ungkap Kriteria Pemimpin Indonesia Hadapi Tantangan 2045

2. Pin yang diberikan sebagai tanda peran aktif peserta perkuat nilai kebangsaan

Lemhannas Adakan Pelatihan untuk Peningkatan Pemahaman Kebangsaan (IDN Times/Istimewa)

Pin yang diberikan, kata Rido, melambangkan peran aktif peserta dalam menjaga dan memperkuat nilai-nilai kebangsaan di lingkungan mereka. Ia berharap bahwa peserta dapat menjadi agen perubahan yang mampu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di tengah berbagai tantangan yang dihadapi Indonesia saat ini.

Salah satu peserta, Ketua Angkatan Taplai Lemhannas RI 2024, Jusuf Kristianto, mengungkapkan bahwa pelatihan ini telah membuka wawasan mereka tentang pentingnya nilai-nilai kebangsaan.

"Kami merasa lebih siap untuk berkontribusi dalam memperkuat persatuan di daerah masing-masing," ucap Jusuf.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya