TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

KPK: Kaesang Sampaikan Rombongannya di Jet Pribadi Ada 4 Orang

Jubir Kaesang sebut ada 8 orang

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan ketika memberikan keterangan pers soal laporan dugaan gratifikasi Kaesang Pangarep di gedung C1 KPK. (IDN Times/Santi Dewi)

Intinya Sih...

  • Kaesang Pangarep membawa 4 orang dalam pesawat jet pribadi, tanpa menjelaskan siapa mereka.
  • Deputi Bidang Pencegahan KPK enggan membuka suara terkait pemilik jet pribadi yang ditumpangi Kaesang.
  • Juru bicara Kaesang, Francine Widjojo, menegaskan ada 8 penumpang dalam penerbangan tersebut, dan meminta masyarakat tidak berspekulasi tanpa konfirmasi.

Jakarta, IDN Times - Deputi Bidang Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pahala Nainggolan mengungkap pernyataan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep saat klarifikasi. Saat itu, Kaesang menyebut rombongannya yang ikut pesawat jet pribadi sebanyak empat orang.

Pahala mengatakan, ketika itu Kaesang tidak menjelaskan siapa saja empat orang tersebut.

"Dia, yang Kaesang berangkat berempat, temannya mana saya tahu siapa di pesawat, seingat saya (Kaesang) gak bilang sama siapa, tapi yang dia sampaikan berempat," ujar Pahala di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Rabu (18/9/2024).

Baca Juga: KPK Belum Mau Ungkap Pemilik Jet Pribadi yang Beri Tebengan Kaesang

1. KPK belum mau ungkap pemilik jet pribadi

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan ketika memberikan keterangan pers soal laporan dugaan gratifikasi Kaesang Pangarep di gedung C1 KPK. (IDN Times/Santi Dewi)

Pahala juga enggan buka suara terkait pemilik jet pribadi yang ditumpangi Kaesang. Menurutnya, saat ini masih dalam ranah internal KPK.

"Ya sudah internal dulu, gua lihat dulu, kan lagi dikerjain," ucap dia.

Pahala menerangkan, Deputi Bidang Pencegahan akan menganalisis terlebih dahulu klarifikasi Kaesang Pangarep. Menurutnya, klarifikasi tersebut akan diserahkan ke pimpinan KPK, untuk menentukan dilanjutkan penyelidikan atau tidak.

Baca Juga: Jubir Kaesang Tegaskan Penumpang di Jet Pribadi Ada 8 Orang

2. Jubir Kaesang tegaskan penumpang di jet pribadi ada 8 orang

Francine Widjojo dan Kaesang di Kantor KPK. (https://koma.id/wp-content/uploads/2024/09/francine-kaesang-dok-PSI.png)

Sebelumnya, juru bicara Kaesang, Francine Widjojo menegaskan pesawat jet pribadi yang dinaiki Kaesang dan Erina Gudono merupakan milik temannya. Francine memastikan, Kaesang dan Erina terbang bersama rekannya di pesawat tersebut.

Francine menyampaikan, ada delapan penumpang yang berangkat dalam penerbangan. Empat di antaranya berasal dari pemilik pesawat dan empat lainnya dari pihak Kaesang.

"Kami sudah sampaikan kemarin semua data dan informasi ke KPK. Misalkan di pesawat itu ada delapan orang penumpang. Empat orang dari pemilik pesawat; dan empat orang dari Mas Kaesang. Mereka berangkat bersamaan dari Jakarta ke Amerika," kata dia dalam keterangannya, Rabu (18/9/2024).

Baca Juga: KPK Pelajari Klarifikasi Kaesang soal Penggunaan Jet Pribadi

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya