TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kapuspenkum Kejaksaan Agung Harli Siregar Ikut Tes Wawancara Capim KPK

Ada 20 peserta yang lolos ke tahap wawancara 

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung, Harli Siregar usai jalani tes wawancara Capim KPK, Selasa (17/9/2024) (IDN Times/Istimewa)

Intinya Sih...

  • Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Harli Siregar, lolos ke tahap wawancara capim KPK.
  • Harli mengaku proses wawancaranya berjalan lancar dan pertanyaannya fundamental terkait integritas KPK.
  • Harli menekankan pentingnya integritas, hubungan dengan Dewan Pengawas, public trust, dan keterlibatan sektor swasta dalam pemberantasan korupsi.

Jakarta, IDN Times - Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung, Harli Siregar, mengikuti sesi wawancara sebagai salah satu calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk seleksi tahap 20 besar. Setelah wawancara, Harli mengaku proses wawancaranya berjalan lancar.

"Ya yang pertama tentu saya berterima kasih kepada panitia seleksi yang sudah mengundang kami dan menetapkan sebagai salah seorang peserta capim KPK untuk 20 besar, dan hari ini diundang untuk diwawancara. Alhamdulillah wawancara berlangsung dengan baik dan lancar, dan pertanyaannya sangat fundamental bagi perbaikan KPK ke depan, khususnya terkait masalah integritas yang harus menjadi bagian yang betul-betul dimiliki oleh pimpinan KPK ke depan," ujar Harli di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Harli mengaku nothing to lose saat menjalani proses wawancara. Dia mengatakan, menjalani proses seleksi capim KPK sesuai apa adanya.

"Saya kira ini yang bisa saya sampaikan, dan tadi mengalir saja bahwa ya kita kan nothing to lose, semua mengalir sesuai dengan tahapan-tahapan ujian yang semampu kita, sesuai dengan komitmen kita memberikan jawaban," kata dia.

Baca Juga: Lolos Seleksi Awal Capim KPK, Johan Budi Mundur dari DPR dan PDIP

1. Ditanya soal integritas

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung, Harli Siregar usai jalani tes wawancara Capim KPK, Selasa (17/9/2024) (IDN Times/Istimewa)

Harli menerangkan, salah satu isu yang ditanya dalam sesi wawancara adalah mengenai integritas. Menurutnya, integritas perlu dimiliki oleh pimpin KPK.

"Saya kira itu tadi penekanan terkait soal integritas, kemudian bagaimana membangun hubungan KPK dengan Dewan Pengawas ke depan, dan bagaimana membangun public trust, mengembalikan public trust yang selama ini dimiliki KPK. Juga komitmen terkait sektor-sektor swasta yang harus dilibatkan dalam konteks pemberantasan tindak pidana korupsi," ucap dia.

2. Pemberantasan korupsi harus melibatkan semua pihak

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung, Harli Siregar usai jalani tes wawancara Capim KPK, Selasa (17/9/2024) (IDN Times/Istimewa)

Dalam kesempatan itu, Harli menyebut pemberantasan korupsi tidak bisa dilakukan hanya oleh KPK. Oleh karena itu, dia berharap pemberantasan korupsi bisa melibatkan semua pihak.

"Kalau kita mau melihat Indonesia emas 2045, maka perannya ini kan sangat luar biasa. Jadi fungsi-fungsi pencegahan itu harus betul-betul dilakukan dalam konteks, bagaimana juga sektor swasta bisa melihat bahwa jangan sampai terlibat dalam tindak pidana korupsi," ujar Harli.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya