TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jokowi Wajibkan Industri Tambang Punya Pembibitan

Jokowi ajak masyarakat jaga lingkungan

Presiden Jokowi di acara penyerahan SK TORA dan Peninjauan Expo Festival LIKE 2 Jakarta Convention Center (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mewajibkan industri tambang memiliki pembibitan (nursery). Hal itu dilakukan agar pemulihan lingkungan bisa terlaksana di lokasi tambang.

"Saya selalu sampaikan semua pertambangan harus memiliki nursery. Pemulihan lingkungan, rehabilitasi hutan harus menjadi concern dari Kementerian Kehutanan," ujar Jokowi di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (9/8/2024).

1. Jokowi sebut pemerintah harus kolaborasi dengan masyarakat jaga lingkungan

Presiden Jokowi di acara penyerahan SK TORA dan Peninjauan Expo Festival LIKE 2 Jakarta Convention Center (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Jokowi mengatakan, pemerintah dan masyarakat harus berkolaborasi dalam menjaga lingkungan. 

"Tak bisa pemerintah sendiri oleh satu negara, semua negara harus melakukan. Karena memang semuanya butuh gerakan dari masyarakat dan pemerintah bersama-sama, sehingga kita bisa wujudkan bumi yang berkelanjutan," kata dia.

Baca Juga: Jokowi Ancam Pengusaha Tambang Sanksi jika Tak Bangun Fasilitas Bibit

2. Jokowi bakal sanksi pengusaha tambang tak bangun fasilitas pembibitan

Presiden Jokowi meninjau posyandu di Cipete, Jakarta Selatan (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, Presiden Jokowi bakal memberikan sanksi kepada pengusaha tambang yang tidak melaksanakan percepatan pembangunan, dan pengelolaan fasilitas persemaian.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 77 Tahun 2024, tentang Percepatan Pembangunan dan Pengelolaan Fasilitas Persemaian pada Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara, yang diundangkan pada 5 Agustus 2024.

Peraturan tersebut diterbitkan dengan mempertimbangkan kegiatan reklamasi, dan pasca-tambang merupakan bagian integral dari usaha pertambangan mineral dan batu bara, yang berdampak pada lingkungan.

Untuk mengimbangi dampak tersebut, diperlukan percepatan pembangunan dan pengelolaan fasilitas persemaian oleh badan usaha pemegang izin pertambangan. Peraturan tersebut juga menekankan pentingnya revegetasi sebagai upaya untuk memperbaiki dan memulihkan kualitas lingkungan.

"Kegiatan usaha pertambangan mineral dan batubara berdampak pada lingkungan, sehingga perlu diimbangi dengan percepatan revegetasi,” demikian bunyi Perpres 77 Tahun 2024.

Baca Juga: Empat Penambang Tewas Terjebak dalam Lubang Tambang Emas Maluku Utara

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya