TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jokowi soal Polemik PON Aceh-Sumut: Tanya Panitia Lah

Jokowi sebut setiap event pasti ada evaluasinya

Presiden Jokowi Widodo (tengah) (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Jakarta, IDN Times - Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumatra Utara (Sumut) menuai polemik, mulai dari fasilitas yang disebut belum selesai, makanan para atlet hingga wasit yang memimpin pertandingan tidak fair. Presiden Joko "Jokowi" Widodo hanya merespons singkat.

"Dicek panitia lah, tanyakan ke Menpora," ujar Jokowi di Jakarta, Selasa (17/9/2024).

1. Jokowi menyebut setiap event pasti ada evaluasi

Presiden Jokowi Widodo (tengah) (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyebut setiap event pasti ada evaluasinya. Hal itu bertujuan agar kekurangan tidak terjadi lagi dipenyelenggaraan berikutnya.

"Semua yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan pemerintah selalu dievaluasi, kalau ada koreksi ya dikoreksi untuk perbaikan-perbaikan ke depan. Saya kira dalam event besar pasti ada koreksi, pasti ada perbaikan, pasti, baik masalah venue, masalah konsumsi, baik akomodasi semua pasti ada yang perlu kita perbaiki," kata dia.

Baca Juga: Epic Comeback, Sumut ‘Ribak’ Pertahanan NTB di Mobile Legend PON 2024

2. Makanan para atlet di PON Aceh-Sumut jadi sorotan

Menu makanan atlet PON Aceh-Sumut (Istimewa)

Sebelumnya, menu yang aneh hingga makanan basi untuk atlet di PON Aceh-Sumut, viral di media sosial dan menjadi gunjingan warganet.

Sejumlah atlet hingga ofisial merekam menu-menu makanan yang dianggap tak layak. Bahkan, ada makanan basi masih disajikan kepada seluruh atlet.

Hal ini menjadi masalah tersendiri di PON 2024, mengingat pagu anggaran untuk konsumsi begitu besar. Dilansir dari situs LKPP, pengaadaan konsumsi untuk atlet, pelatih, dan ofisial, angkanya mencapai Rp42.492.450.000. Tendernya dilakukan lewat E-Purchasing.

Jika dirinci, konsumsi atlet untuk makan besar harganya mencapai Rp50 ribu. Sementara, snack harganya menyentuh Rp18 ribu.

Baca Juga: Hari Pertama Gulat PON 2024, Sumut Rebut 1 Perak dan 1 Perunggu

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya