TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jokowi Kenalkan Prabowo ke Paus Fransiskus Dinilai Tradisi yang Baik

Jokowi dianggap yakin Prabowo akan lanjutkan programnya

Presiden Joko Widodo memperkenalkan Menteri Pertahanan sekaligus presiden terpilih untuk masa bakti 2024-2029 Prabowo Subianto kepada Pemimpin Takhta Suci Vatikan Sri Paus Fransiskus (tengah) sebelum upacara penyambutan di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (4/9/2024). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Intinya Sih...

  • Jokowi memperkenalkan Prabowo kepada Paus Fransiskus sebagai tradisi baik dalam pergantian kepemimpinan Indonesia di mata dunia internasional.
  • Langkah Jokowi menegaskan bahwa Prabowo akan melanjutkan kebijakan yang telah dirintisnya, sebagai penerus estafet kepemimpinan yang sehat dan teratur di Indonesia.

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memperkenalkan Presiden terpilih Prabowo Subianto kepada Paus Fransiskus di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu (4/9/2024). Momen ini dinilai sebagai tradisi yang baik dalam konteks pergantian kepemimpinan Indonesia di mata dunia internasional.

Direktur Indostrategi, Arif Nurul Iman, mengatakan, langkah Jokowi memperkenalkan Prabowo merupakan bagian dari estafet kepemimpinan yang disampaikan kepada dunia. Menurutnya, ini menunjukkan adanya sirkulasi kepemimpinan yang sehat dan teratur di Indonesia.

"Jokowi memperkenalkan Prabowo sebagai penerusnya tentu ini sebagai estafet kepemimpinan yang disampaikan ke dunia internasional bahwa telah terjadi sirkulasi kepemimpinan di Indonesia dengan terpilihnya Prabowo Subianto," ujar Arif dalam keterangannya.

Dia menambahkan, tradisi ini perlu terus dirawat dan dilanjutkan pada masa mendatang.

Baca Juga: Jokowi Kenalkan Prabowo ke Paus Fransiskus

1. Jokowi kerap mengenalkan Prabowo karena yakin programnya akan dilanjutkan

Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto saat ditemui usai upacara penurunan bendera di Istana Garuda IKN pada Sabtu (17/8/2024). (IDN Times/Ilman Nafi’an)

Arif menyampaikan, langkah Jokowi ini dapat dilihat sebagai penegasan kepada publik Indonesia dan dunia bahwa Prabowo Subianto akan melanjutkan kebijakan-kebijakan yang telah dirintisnya.

“Dalam perspektif ini, Jokowi ingin menyampaikan bahwa presiden mendatang merupakan penerus dari kebijakan yang telah dilakukan selama ini,” kata dia.

Baca Juga: Pesan Jokowi Saat Terima Komisioner KPU di Istana

2. Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia merupakan anugerah

Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Pemimpin Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus (kiri) yang didampingi Staf Dikasteri untuk Dialog Antar-Agama Takhta Suci Vatikan Romo Markus Solo Kewuta di veranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (4/9/2024). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Arif juga memuji kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia. Dia menyebut kunjungan ini sebagai anugerah yang memperkuat hubungan antaragama di negara dengan mayoritas penduduk Muslim.

“Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia memiliki makna mendalam bahwa Paus ingin menyampaikan salam perdamaian dan toleransi kepada masyarakat Indonesia,” ucap dia.

Baca Juga: Momen Azan Maghrib Berkumandang Saat Paus Fransiskus di Katedral

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya