TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jokowi ke Relawan soal 2024: Ojo Kesusu, Atraksi Politik Belum Selesai

Jokowi minta relawan amati dari jauh peta koalisi parpol

Presiden Joko Widodo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo hadir dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Jaringan Kemandirian Nasional (Jaman) 2023 di Hotel Grage, Cirebon. Jaman merupakan salah satu relawan pemenangan Jokowi di Pemilu 2019.

Di hadapan relawan, Jokowi menyampaikan ojo kesusu terkait dengan Pemilu 2024. Mulanya, Jokowi membuka pidato dengan memuji kegiatan Jaman yang tidak terlalu mencolok di media.

"Jaman juga saya lihat tidak suka berwacana, tapi langsung kerja di lapangan. Jaman juga saya lihat tidak suka berteori, tapi langsung berkontribusi, yang lain biasanya banyak di media-media, tapi ya hanya di media," ujar Jokowi, Selasa (29/8/2023).

"Dan yang saya tahu anggotanya, pasukannya nggak necis-necis. Karena memang pekerja, pekerja lapangan dan itu yang saya suka. Terus bergerak di bawah, membantu petani, membantu peternak, membantu nelayan, bergerak terus dengan semangat membantu rakyat untuk kemandirian kita semuanya," sambungnya.

Baca Juga: Pesan Jokowi di HUT PAN: Kita Butuh Tim Solid Hadapi Dunia

Baca Juga: Jokowi Ajak Warga Pakai LRT, Singgung Jakarta Kota Termacet

1. Jokowi singgung dunia sedang tidak baik-baik saja

Presiden Joko (Jokowi) Widodo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyinggung dunia sedang tidak baik-baik saja. Terjadi lonjakan harga pangan hingga energi.

"Bahkan ada satu negara di Eropa yang sekarang ini harga energinya, harga listrik, gas, harga bensin sampai naiknya 700 persen. Bayangkan naik 700 persen, di sini naik 10-15 persen demonya tiga bulan. Itu 700 persen coba mau demo berapa tahun. Betapa sangat sulitnya, harga pangan naik dua kali, naik 50 persen," kata dia.

Jokowi mengatakan, Indonesia seharusnya bersykur bisa mengendalikan inflasi. Menurutnya, inflasi di Indonesia hanya naik 3,1 persen.

"Pertumbuhan ekonomi kita juga di Kuartal kedua kemarin masih tumbuh 5,17 persen, termasuk 3 terbaik dunia," kata dia.

Baca Juga: Jokowi Ingin Penanganan Polusi Udara Berbasis Kesehatan Masyarakat

2. Jokowi sebut ekonomi Indonesia menjadi salah satu terbaik dari anggota G20

Presiden Jokowi saat berbincang santai dengan tim IDN Times di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (25/11/2022). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menerangkan, Indonesia menjadi salah satu negara dari anggota G20 yang ekonominya tumbuh. Dalam kesempatan itu, Jokowi menceritakan hasil kunjungannya ke Afrika.

"Saya kemarin empat hari ke Afrika, begitu saya melihat di Afrika sekarang lagi kita ini patut bersyukur betul. Urusan air saja mereka sangat sulit sekali, air yang menjadi sebuah kebutuhan utama, pangan apalagi, kita patut bersyukur betul," kata dia.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya