TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jokowi Beri Sinyal Jabatan Airlangga Aman di Kabinet Indonesia Maju

Jokowi ngaku tak ikut cawe-cawe mundurnya Airlangga

Presiden Jokowi di acara penyerahan SK TORA dan Peninjauan Expo Festival LIKE 2 Jakarta Convention Center (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Jakarta, IDN Times - Airlangga Hartarto telah menyatakan mundur sebagai Ketua Umum Golkar. Presiden Joko "Jokowi" Widodo memberi sinyal jabatan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian akan tetap digenggam Airlangga.

"Oh kalau di bawah Kabinet Indonesia Maju, saya kira gak ada masalah," ujar Jokowi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Selasa (13/8/2024).

1. Jokowi bantah ikut cawe-cawe mundurnya Airlangga dari Golkar

Presiden Jokowi di acara penyerahan SK TORA dan Peninjauan Expo Festival LIKE 2 Jakarta Convention Center (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengaku tak ada kaitannya dengan mundurnya Airlangga sebagai Ketua Umum Golkar. Menurutnya, itu merupakan urusan internal Golkar.

"Urusan Airlangga urusan internal partai, ada proses dan mekanisme ditanya ke Golkar dan Pak Airlangga, jangan saya campuri urusan partai," ucap dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan, dirinya tak cawe-cawe yang menyebabkan Airlangga meninggalkan kursi Ketua Umum Golkar.

"Tidak ada," kata dia.

Baca Juga: Rapat Pleno Golkar Digelar, Bahas Pengganti Airlangga

2. Airlangga sampaikan pengunduran diri lewat video pada Minggu (10/8/2024)

Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Diketahui, Airlangga Hartarto menyampaikan pengunduran diri melalui video pada Minggu (11/8/2024). Dalam videonya, Airlangga mengaku pengunduran dirinya terhitung pada Sabtu (10/8/2024).

"Para kader Partai Golkar yang saya cintai, saya Airlangga Hartarto, setelah mempertimbangkan dan untuk menjaga keutuhan Partai Golkar dalam rangka memastikan stabilitas transisi pemerintahan yang akan terjadi dalam waktu dekat, maka dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, serta atas petunjuk Tuhan Yang Maha Besar, maka dengan ini saya menyatakan pengunduran diri sebagai Ketua umum DPP Partai Golkar," ujar Airlangga, dikutip Minggu (11/8/2024).

Airlangga mengatakan, pergantian Ketua Umum akan dilakukan dengan tertib sesuai dengan mekanisme di Golkar. Mundurnya Airlangga memunculkan sejumlah fakta.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya