TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ikut Seleksi Capim KPK, Johan Budi Sudah Mundur dari PDIP dan DPR RI

Johan Budi ikut seleksi Capim KPK

Mantan juru bicara KPK, Johan Budi ikut seleksi Capim KPK (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Jakarta, IDN Times - Mantan juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyelesaikan sesi wawancara sebagai calon pimpinan (Capim) KPK. Usai seleksi, Johan Budi mengaku sudah mengundurkan diri sebagai kader PDI Perjuangan dan anggota DPR RI.

"Sebelum masuk itu bisa dikonfirmasi ya ke teman-teman DPR. Sebelum masuk, saya sudah sampaikan kepada Fraksi PDIP Perjuangan bahwa saya tidak mau diatur. Jadi apa yang saya sampaikan, statement itu sesuai dengan apa yang saya sampaikan," ujar Johan Budi di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (17/9/2024).

1. Johan Budi sebut presiden sebagai pemimpin pemberantasan korupsi tertinggi

Mantan juru bicara KPK, Johan Budi ikut seleksi Capim KPK (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Johan Budi juga menekankan pentingnya peran presiden dalam pemberantasan korupsi di Indonesia. Menurutnya, Presiden merupakan pemimpin pemberantasan korupsi tertinggi.

"Jangan berharap KPK akan bisa independen, jangan berharap KPK akan bisa memberantas korupsi dengan tegak kepala berdiri tanpa ada gangguan dari luar," kata dia.

Menurut Johan, independensi KPK tidak hanya ditentukan oleh pimpinan lembaga tersebut, tetapi juga oleh political will dari presiden.

Baca Juga: Kritik Seleksi Capim KPK: Dirusak Kebijakan Presiden

2. Johan Budi anggap KPK kini rapuh

Mantan juru bicara KPK, Johan Budi ikut seleksi Capim KPK (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Johan Budi menyampaikan keprihatinannya terhadap kondisi KPK saat ini yang dinilainya rapuh dan mengalami penurunan kepercayaan publik.

Johan mengakui, awalnya tidak terlalu berminat untuk mencalonkan diri sebagai pimpinan KPK karena situasi lembaga tersebut yang menurutnya sangat ruwet.

Namun, dorongan dari rekan-rekannya di alumni KPK menjadi motivasi bagi Johan untuk maju.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya