TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ganjar Keluarkan Manifesto, Dinilai untuk Tolak Politik Identitas

Ganjar ingin bersaing sehat dalam manifestonya

Ganjar Pranowo (IDN Times/Aryodamar)

Jakarta, IDN Times - Bakal calon presiden (bacapres) dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, mengeluarkan manifesto di akun YouTube-nya edisi pertama. Pengamat politik, Airlangga Pribadi Kusman menilai, manifesto yang dikeluarkan Ganjar untuk mengajak semua pihak menolak politik identitas.

"Iya (pernyataan Ganjar), menolak antagonisme politik identitas," ujar Airlangga, Kamis (14/9/2023).

Baca Juga: Pensiun dari Gubernur Jateng, Ganjar Keluarkan Manifesto

Baca Juga: PPP Sebut Megawati Terbuka Bila Demokrat Ingin Gabung Dukung Ganjar

1. Ganjar ingin kedepankan gagasan

Bakal Calon Presiden RI Ganjar Pranowo menghadiri pameran foto Reformasi 98 di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (13/5/2023) (IDN Times/Aryodamar)

Menurutnya, Ganjar ingin mengedepankan gagasan dalam menghadapi Pemilu 2024. Hal itu dilakukan untuk menjaga persatuan dan kesatuan di Indonesia.

"Terkait pernyataan di manifesto, maka itu menunjukkan pandangan politik Ganjar bahwa adu gagasan diletakkan dalam nalar publik pada konteks demokrasi," ucap dia.

Ganjar dinilai tak ingin ada perseteruan berbasis isu identitas atau SARA. Dia juga berharap, perseteruan yang terjadi di Pemilu 2014 dan 2019 tak terulang kembali.

"Dimensi republikanisme seperti yang telah ditambatkan oleh pendiri bangsa yaitu tampilnya pikiran-pikiran merdeka dalam memajukan kehidupan bernegara," ucap dia.

2. Ganjar tegaskan harus adu gagasan, bukan perseteruan

Capres 2024 Ganjar Pranowo di acara Konsolidasi PDIP DKI Jakarta (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, Ganjar mengunggah manifestonya di akun YouTube Ganjar Pranowo pada Selasa (12/9/2023). Dia menegaskan, setiap kontestan Pilpres 2024 harus mengadu gagasan, bukan perseteruan.

"Kita harus mengadu gagasan bukan perseteruan, bubuhkan persatuan bukan perpecahan, merawat kerukunan bukan kebencian,” ujar Ganjar Pranowo dalam video bertajuk ManifestoGanjar #1 seperti dikutip IDN Times, Selasa (12/9/2023).

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya