TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ganjar Dinilai Peduli Difabel Saat Masih Jadi Gubernur Jateng

Ganjar janji buka lapangan kerja untuk difabel

Ganjar Pranowo saat bertemu dengan kaum disabilitas (IDN Times/Istimewa)

Jakarta, IDN Times - Bakal calon presiden (bacapres) PDI Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo, menemui kelompok difabel yang bekerja di Badan Usaha Mandiri, Posko Perjuangan Rakyat (Bumi Pospera). Pertemuan itu dilakukan di Jatinegara, Jakarta Timur pada Kamis (28/9/2023).

Ketua Umum Pospera, Mustar, menilai, Ganjar merupakan sosok yang peduli difabel ketika masih menjabat Gubernur Jawa Tengah (Jateng).

"Figur Pak Ganjar 10 tahun di Jateng kita amati. Ini orang yang betul-betul tidak pilih kasih, kepedulian Pak Ganjar terhadap difabel itu langsung betul-betul nyata, mempekerjakan, melatih, dan lebih penting tidak ada jarak. Kita melihat itu ada pada Pak Ganjar," ujar Mustar.

Baca Juga: Ganjar Janji Siapkan Lapangan Kerja untuk Kaum Disabilitas

Baca Juga: Ganjar Pranowo Dorong Kepala Desa Bangun Posko Bahas Revisi UU Desa

1. Sampaikan terima kasih karena Ganjar telah berkunjung

Ganjar Pranowo saat bertemu dengan kaum disabilitas (IDN Times/Istimewa)

Mustar kemudian menyampaikan terima kasih kepada Ganjar karena telah berkunjung ke Bumi Pospera.

Ganjar sempat meninjau unit usaha kelompok difabel di lokasi tersebut, seperti tempat pencucian mobil, bengkel hingga kedai kopi.

"Kita senang, kita bangga, hari ini Pak Ganjar Pranowo datang dengan senang hati dengan betul-betul ketulusan mau menemui, mengajak bicara, dan berinteraksi dengan teman-teman difabel, ini sesuatu yang luar biasa," ucap dia.

Baca Juga: Unggul Diplomasi Pertahanan, Andika Dinilai Pas Jadi Cawapres Ganjar

2. Ganjar siapkan lapangan kerja untuk difabel

Ganjar Pranowo saat bertemu dengan kaum disabilitas (IDN Times/Istimewa)

Dalam kesempatan itu, Ganjar berjanji akan menyiapkan lapangan kerja bagi kaum difabel. Menurutnya, harus ada kuota khusus bagi kaum difabel baik di instansi pemerintahan maupun perusahaan.

"Ya, harus ada afirmasi, maka dalam ketenagakerjaan, mesti ada kewajiban perusahaan, pemerintah, kalau perlu dikasih kuota. Inilah tindakan afirmasi agar mereka (difabel) bisa bekerja," kata Ganjar.

Ganjar juga menyampaikan pentingnya membangun sumber daya manusia (SDM) yang unggul di kalangan difabel. Oleh karena itu, Ganjar ingin menyiapkan keterampilan mereka dengan memberikan pelatihan.

"Nah kita bisa menyiapkan mereka agar siap. Jadi ketemu, yang di sini (pemerintah/perusahaan) dipaksa dengan aturan untuk memberikan kuota yang sebelah sini (kaum difabel) disiapkan untuk dilatih agar nanti bisa mengisi kuota," ucap dia.

Baca Juga: Survei SMRC: Ganjar Unggul di Jatim bila Berpasangan dengan Mahfud MD

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya