TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Drama Akun Kaskus Fufufafa dan Pembelaan Gibran

Gibran membantah akun Fufufafa miliknya

Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Jakarta, IDN Times - Akun Kaskus bernama Fufufafa tiba-tiba menyita perhatian publik, setelah beberapa postingan kontroversial lawas muncul di media sosial X atau Twitter sepekan ini.

Akun ini diduga membuat unggahan yang menyindir sejumlah tokoh politik hingga selebritas, salah satunya Presiden terpilih Prabowo Subianto. Bahkan, akun Fufufafa juga mengunggah komentar bernada rasis pada masyarakat Papua.

Diduga, akun tersebut milik Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka. Namun, ketika ditanyakan mengenai hal ini, Gibran mengaku tak tahu terkait akun tersebut.

"Lha mbuh, takono sing duwe akun, kok aku? (Gak tahu, tanya ke yang punya akun, kok ke saya?),” ujar Gibran saat blusukan di Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan, Solo, Selasa (10/9/2024).

1. Menteri Kominfo mengaku sudah menyelidiki akun Fufufafa dan bantah akun milik Gibran

Menkominfo RI Budi Arie Setiadi akui pihaknya mulai mendalami akun Fufufafa yang disorot publik. (IDN Times/Amir Faisol)

Secara terpisah, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Budi Arie Setiadi, mengklaim pihaknya sudah mendalami akun Fufufafa yang disorot publik.

Akun tersebut sempat disinggung milik Gibran. Dalam akun itu, banyak menghujat Prabowo Subianto selaku presiden terpilih Pilpres 2024.

"Udah, udah, udah. Oh maksudnya udah kita pelajarin," ujar Budi Arie di Gedung DPR RI, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (10/9/2024).

Kendati, Budi Arie membantah akun tersebut milik Gibran.

"Bukanlah, bukan. Bukan (milik Gibran)," ujar pentolan relawan Jokowi, Projo itu.

Budi Arie mengaku belum mengetahui pasti siapa pemilik akun Fufufafa. Namun, ia memastikan, pihaknya sudah mendalami akun tersebut sejak mulai disorot publik.

Baca Juga: Menkominfo Klaim Mulai Dalami Akun Fufufafa, Milik Gibran?

2. Akun Fufufafa diduga hina Prabowo hingga selebritas

Presiden terpilih sekaligus Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (8/7/2024) (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Akun Kaskus Fufuffafa viral di media sosial X. Salah satu unggahan lawas yang menjadi sorotan warganet diduga menghina Prabowo beserta keluarganya.

Akun tersebut menyebut Prabowo mengalami stroke ringan dan mencibir status pernikahannya yang sudah bercerai dengan Titiek Soeharto, serta anak semata wayangnya, Didit Hediprasetyo, yang memilih sebagai perancang busana.

Selain itu, akun Fufufafa juga membuat unggahan bernada mesum. Sejumlah selebritas wanita ternama Indonesia pernah dikomentari bagian sensitifnya.

Tak hanya itu, akun Fufufafa juga mengomentari sebuah unggahan yang bernada rasis hingga membuat masyarakat Papua dan aktivis Veronica Koman geram.

3. Akun Fufufafa disebut-sebut hapus ribuan unggahan, dan bakal ada sosok yang mengaku pemilik akun

(IDN Times/Aditya Pratama)

Untuk menghilangkan jejaknya, akun Fufufafa disebut-sebut telah menghapus ribuan unggahannya. Ada sekitar 2.100 unggahan lama yang dihapus pemilik akun Fufufafa, dari sekitar 5 ribu unggahan.

Ada juga warganet yang memprediksi, kelak ada orang yang mengaku sebagai pemilik akun Fufufafa. Seperti yang diunggah pemilik akun X, @StefanAntonio__.
 
"Akun fufufafa bersih bersih hapus Ribuan Post Gibran nyuru nanya ke -yang punya akun- Percaya gak .. Waktu akun fufufafa nanti udah bersih .. Bakalan muncul 1 Orang dari Antah Berantah trus ngaku kalo dia pemilik Fufufafa??!! Kayak kasus pelapor Gugatan Usia di MK Mendadak Muncul .. Mendadak Raib, Guwa rasa kayaknya begitu skenarionya tuh," cuit dia.  

4. Andi Arief dianggap buka jalan terbongkarnya Fufufafa milik Gibran

(ANTARA FOTO/Indrinanto Eko Suwarso/aww)

Politikus Partai Demokrat, Andi Arief, disebut warganet menjadi sosok yang mengungkap kepastian akun Kaskus Fufufafa adalah milik Gibran.

Warganet membuat analisis sendiri. Seperti akun X @firufd yang menganilis melalui sebuah unggahan video.

Dimulai dengan sebuah akun X bernama @kiqi01 yang mengunggah informasi tentang Fufufafa, yang mengomentari sebuah thread Kaskus pada 13 Juni 2014.

Adapun postingan di Kaskus tersebut berjudul "Andi Arief: Jokowi 'Sembunyikan' Anak Pertamanya."

Postingan itu kemudian dikomentari akun Fufufafa yang mengaku dirinya tidak bersembunyi.

Pada tahun yang sama, Oktober 2014, Gibran pertama kali muncul di media bersama Jokowi. Dengan bernama tinggi, dia berdalih tidak selalu bersama sang ayah, lantaran punya kesibukan sendiri.

"Kalau saya pengangguran saya ngikut bapak terus, saya kan kerja," ujar Gibran saat itu.

Hal lain yang menujukkan Fufufafa adalah Gibran, admin akun Twitter (X) Chilli Pari Catering diduga Gibran sendiri. Misalnya, akun Chilli Pari dan Fufufafa pernah posting hal yang sama dalam waktu berdekatan.

Salah satunya saat mereka sama-sama main game God of War 4 pada pekan pertama game tersebut dirilis. Mereka juga pernah mencari gunting pada hari yang sama di Stek Gunting PIK. 

Kemudian, pada 2015, akun Kaskus Chilli Pari mengaku pernah di-banned lagi. Pada tahun yang sama, akun Fufufafa sempat menghilang dan muncuk kembali pada 2016.

Namun, analisis ini diragukan, karena tidak selayaknya anak seorang Presiden berkomentar tidak etis di media sosial dan tidak beretika. Mulai berkata rasis, komentar bernada cabul, hingga menghina Prabowo dan putranya.

Tak sampai di situ, netizen juga menganalisis secara psikologi. Menurut penelitian, otak remaja mulai matang pada usia 25 tahun, sementara pada saat muncul komentar-komentar bernada negatif dari akun Fufufafa, usia Gibran sudah 31 tahun. Namun, ada pendapat lain menyebut pada usia 25 tahun otak remaja mulai matang adalah mitos. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya