TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Detail Rangkaian Acara Perayaan HUT ke-79 RI di IKN dan Jakarta

Acara di IKN dan Jakarta nyambung dan waktunya bersamaan

Presiden Jokowi di Ibu Kota Nusantara (IKN) (IDN Times/Istimewa)

Intinya Sih...

  • Istana Kepresidenan gelar peringatan HUT ke-79 RI di IKN dan Jakarta dengan tema Nusantara Baru, Indonesia Maju.
  • Rangkaian agenda meliputi zikir kebangsaan, kirab Bendera Pusaka, pengukuhan Paskibraka, pidato kenegaraan, apel kehormatan, dan renungan suci.
  • Pemerintah mengimbau masyarakat mengibarkan bendera merah putih penuh dari 1-31 Agustus 2024. Undangan terbatas karena keterbatasan fasilitas di IKN dan Jakarta.

Jakarta, IDN Times - Istana Kepresidenan memastikan, menggelar peringatan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Jakarta. Menteri Sekretaris Negara Pratikno menjelaskan, tema yang diangkat adalah Nusantara Baru, Indonesia Maju.

"Menunjukkan transisi perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Nusantara, dan sekaligus juga ini adalah transisi untuk keberlanjutan pemerintahan yang baru nanti," ujar Pratikno di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (1/8/2024).

Ada sejumlah rangkaian agenda pada Bulan Kemerdekaan Tahun 2024. Pertama, diawali acara zikir kebangsaan yang digelar di Istana Merdeka Jakarta, pada Kamis (1/8/2024) malam. Pratikno menyebut, ada 3 ribu peserta dalam acara tersebut.

Kemudian, ada kirab Bendera Pusaka pada 10 Agustus 2024 dari Monas, Jakarta ke IKN. Acara dimulai pukul 08.00 WIB.

Baca Juga: Istana Undang SBY dan Megawati Hadir HUT ke-79 RI di IKN

1. Pengukuhan Paskibraka digelar pada Agustus 2024

Konferensi pers Bulan Kemerdekaan 2024 di Kementrian Sekretariat Negara (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Selanjutnya, 13 Agustus 2024 ada pengukuhan Paskibraka di IKN. Kemudian, Presiden Jokowi juga akan pidato kenegaraan, penyampaian RAPBN, dan nota keuangan di Gedung Nusantara kompleks MPR/DPR/DPD, Jakarta pada 16 Agustus 2024.

Setelahnya, Jokowi akan kembali ke IKN untuk apel kehormatan dan renungan suci pada 17 Agustus 2024 pukul 00.00 WIB di Taman Kusuma Bangsa.

Renungan suci juga digelar di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan yang dipimpin Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Pada 17 Agustus 2024, upacara peringatan HUT ke-79 RI di IKN. Untuk di Jakarta, ada sejumlah hiburan.

Selain itu, ada juga pameran arsip kepresidenan dengan tema "Mari ke Mari ke Nusantara" yang digelar di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta dari 8 -20 Agustus 2024.

"Memamerkan arsip dan memorabilia terkait ibu kota negara, bahwa kita punya sejarah panjang mengenai ibu kota negara, mulai dari era sebelum kemerdekaan, Indonesia merdeka, era Presiden Sukarno, Presiden Soeharto karena kita juga pernah mengalami pindah ibu kota, hingga era nantinya di Ibu Kota Nusantara. Pameran bersama arsip kepresidenan ini diselenggarakan oleh Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian PUPR, Otoritas IKN, Anri, Pemprov DKI, dan juga kearsipan Pemprov DIY," kata Pratikno.

Pemerintah mengimbau kepada masyarakat untuk mengibarkan bendera merah putih secara penuh dari 1-31 Agustus 2024.

2. Jumlah undangan yang bisa datang ke IKN

Konferensi pers Bulan Kemerdekaan 2024 di Kementrian Sekretariat Negara (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, jumlah tamu undangan di IKN untuk HUT ke-79 RI terbatas, karena keterbatasan fasilitas.

"Semua ada keterbatasan, maka dari itu di IKN maupun di Jakarta upacara penyelenggaraan 17 Agustus dengan undangan kurang lebih di IKN kami mempersiapkan 1.000 di pagi hari, sore hari 1.000 plus yang 380 di main hall, untuk di Jakarta 1.500 pagi dan 1.500 sore," ucap Heru.

Selain itu, ada juga masyarakat yang akan ditempatkan di sekitar gedung Plaza Ceremony, Lapangan Hijau dan Kementerian Koordinator sekitar 1.500 orang.

"Nanti menggunakan tenda-tenda, nanti masyarakat yang diundang bisa juga menyaksikan dari sana," ucap dia.

3. Jokowi dan Prabowo di IKN

Presiden Joko "Jokowi" Widodo ketika berjabat tangan dengan Prabowo. (www.instagram.com/@prabowo)

Heru mengatakan, nantinya Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan didampingi Presiden Terpilih Prabowo Subianto di IKN. Sementara, Wakil Presiden Ma'ruf Amin berada di Istana Merdeka, Jakarta bersama GIbran Rakabuming Raka.

"Tata upacara militer berada di IKN, dimulai pukul 11 dan tentunya menyesuaikan dengan waktu Jakarta pukul 10.00 WIB. Apa yang dilakukan di Istana Jakarta adalah tambahan hiburan jadi nanti dikombinasikan, teman-teman bisa melihat di media, di Jakarta dengan IKN tetap menyambung dan waktunya semuanya bersamaan," kata dia.

"Tapi dimulai nanti susunan acara itu 8.30 WIB, 8.30 itu mulai acara kegiatan hiburan, dentum akan diambil alih pada pukul 11 atau pukul 10.00 WIB," sambungnya.

Selain itu, jumlah menteri yang berada di IKN dan Jakarta akan dibagi dua. Hal itu karena keterbatasan tempat.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya