TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cerita Luhut yang Pernah Bantu Perpanjang Paspor Prabowo

Luhut bantu Prabowo yang ingin pulang dari Yordania

Menko Marves Luhut Pandjaitan dalam acara spesial HUT IDN Times X Total Politik di IDN Media HQ, Selasa (4/6/2024) (IDN Times/Ilman Na'fian)

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, pernah membantu presiden terpilih, Prabowo Subianto, memperpanjang paspor RI setelah hijrah ke Yordania.

Luhut sendiri merupakan sahabat lama Prabowo yang sudah terjalin sejak berada di kesatuan.

Setelah berada di Yordania, Prabowo kesulitan memperpanjang paspornya. Prabowo pun menghadap ke Luhut yang kala itu menjadi Duta Besar RI di Singapura tahun 2001.

"Ya sebenernya setelah Prabowo pergi ke Yordania kami gak ada kontak. Saya Dubes (Singapura) suatu siang sekretaris saya menyampaikan, 'Ambassador kamu ada tamu penting dari Jakarta'. Saya turun ke bawah saya lihat Pak Prabowo di situ, 'eh kamu kapan dari mana?' 'Aku baru mendarat, Bang'," ujar Luhut dalam acara Ngobrol Seru IDN Times x Total Politik dengan tema "Ngobrolin yang Paten-Paten Aja Bareng Menko Marves" di The Plaza IDN Media HQ, Jakarta, Selasa (4/6/2024).

Setelah itu, Luhut mengajak Prabowo makan di salah satu restoran Jepang. Prabowo kemudian meminta bantuan Luhut untuk memperpanjang paspornya.

Luhut kemudian memanggil pejabat imigrasi. Namun, petugas imigrasi merasa berat untuk memperpanjang paspor Prabowo.

"Imigrasi saya tanya, ini gimana? Pak Prabowo mungkin ini dia jawabnya gak jelas. Saya ini apa?, 'Dubes'. Dubes apa? berkuasa penuh mewakili pemerintah. Saya bilang keluarkan itu paspor. Keputusan ini untuk kebaikan dan saya lapor ke Presiden Gus Dur dan dan kepada Wakil Presiden Megawati," kata Luhut.

Baca Juga: Ormas Keagamaan Bisa Kelola Tambang, Luhut: Kita Mesti Awasi

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya