TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

CEK FAKTA: Megawati Dapat Award Atasi Krisis Ekonomi Saat Presiden

Megawati mengaku dapat penghargaan dari CNBC Indonesia

Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri dalam Rakernas PDIP pada Jumat (24/5/2024). (IDN Times/Fauzan)

Intinya Sih...

  • Megawati Soekarnoputri mendapat penghargaan dari CNBC Indonesia karena berhasil menyelesaikan krisis ekonomi saat menjabat Presiden RI tahun 2022-2024.
  • Penghargaan diberikan pada tahun 2022 dengan kategori Lifetime Achievement karena dianggap mampu mengatasi krisis moneter 1998.

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri mengaku mendapat penghargaan dari CNBC Indonesia karena berhasil menyelesaikan krisis ekonomi saat menjadi Presiden ke-5 RI tahun 2002-2004. Hal itu Megawati sampaikan saat membicarakan kekhawatirannya perihal kondisi ekonomi Indonesia saat ini.

"Ini saya khawatir krisis ekonomi, kayak zaman saya nangani berhasil, nanti kalau saya bilang gini, Ibu Megawati sombong, ya memang berlebih wong berhasil, gitu (tepuk tangan). Saya dapat award, karena dari CNBC, ada kalau mau lihat ntar tak foto, karena katanya kenapa kok bisa pada waktu itu melunasi utang IMF," ujar Megawati di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (5/7/2024).

Lalu, benarkah Megawati pernah mendapatkan penghargaan dari CNBC Indonesia?

Baca Juga: CEK FAKTA: Komisioner KPU Dapat Fasilitas Mewah Sewa Pesawat Jet

1. Benar Megawati pernah mendapat penghargaan dari CNBC Indonesia

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri berpidato di acara pelantikan dan pengucapan sumpah jabatan pengurus DPP PDI Perjuangan periode 2019-2029, diperpanjang ke tahun 2025, Junat (5/7/2024) (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Berdasarkan penelusuran IDN Times, benar bahwa Megawati pernah mendapat penghargaan dari CNBC Indonesia. Penghargaan itu diberikan pada tahun 2022.

Megawati mendapat penghargaan CNBC Indonesia Award 2021 kategori Lifetime Achievement karena dianggap mampu menyelesaikan krisis moneter 1998.

Megawati menegaskan, dirinya bisa mengeluarkan Indonesia dari krisis ekonomi 1997-1998 ketika menjadi Presiden RI.

Baca Juga: CEK FAKTA: Kemenkes Datangkan 6 Ribu Dokter Asing ke Indonesia

2. Megawati ucapkan terima kasih

Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri dalam Rakernas PDIP pada Jumat (24/5/2024). (IDN Times/Fauzan)

Megawati kemudian mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan. Ucapan terima kasih itu diberikan kepada Chairman CT Corp Chairul Tanjung.

Berikut isi suratnya:

Sungguh saya tidak mengira, tim riset CNBC dapat dengan jeli dan obyektif mengikuti langkah-langkah kebijakan saya pada waktu saya sebagai Presiden ke-5. Pada waktu itu memang saya mendapat tugas negara yang sangat berat.

Alhamdulillah, dapat teratasi dengan baik melalui gotong royang dan solidaritas dari tim Kabinet Gotong Royong yang solid. Terutama tim ekonominya.

Sekali lagi, terima kasih dan semoga Tim Riset CNBC bisa terus mengikuti dengan fakta hasil-hasil yang telah dicapai oleh para pemimpin kita untuk membuat Indonesia menjadi negara Indonesia yang kuat, makmur, dan sejahtera!

Wassalam

Baca Juga: Sering Kritik, Megawati Tegaskan Tak Ada Masalah dengan Jokowi

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya