TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Buruh Migran Sodorkan 3 Kriteria Calon Kepala BP2MI Era Prabowo

Aktivis buruh migran juga sodorkan tiga nama

Ketua Umum Persatuan Buruh Migran Indonesia, Bobby Anwar Ma’arif (IDN Times/Istimewa)

Jakarta, IDN Times - Menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming, pada 20 Oktober 2024, Ketua Umum Persatuan Buruh Migran Indonesia, Bobby Anwar Ma’arif, mengusulkan tiga kriteria calon kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI).

Bobby menekankan pentingnya pengalaman dan pemahaman mendalam terkait perlindungan buruh migran.

“Sebagai seorang aktivis, tentu saja saya menghendaki agar pejabat yang menduduki kepala BP2MI adalah orang yang benar-benar paham dengan seluk-beluk persoalan PMI. Karena itu adalah modal utama dalam mengurai benang kusut carut-marutnya pelindungan,” ujar Bobby dalam keterangannya, dikutip Rabu (18/9/2024).

Baca Juga: Buruh Migran Perempuan: Belum Ada Kebijakan dan Perlindungan Hukum Memadai

1. Sodorkan tiga nama yang dianggap bisa memimpin BP2MI

Ketua Umum Persatuan Buruh Migran Indonesia, Bobby Anwar Ma’arif (IDN Times/Istimewa)

Bobby menyebutkan beberapa nama yang dianggap ideal untuk memimpin BP2MI. Di antaranya adalah Direktur Eksekutif Migrant Care, Wahyu Susilo; dan staf di ASEAN Australian Counter Trafficking (AACT), Nurul Qoiriah.

“Yang paling ideal misalnya Wahyu Susilo atau Nurul Qoiriah, yang pertama yaitu Wahyu Susilo adalah Direktur Eksekutif Migrant Care, dan yang kedua adalah salah satu staf ASEAN Australian Counter Trafficking (AACT)," ucap dia.

"Kemudian dari unsur relawan yang mendukung Prabowo-Gibran saat Pilpres kemarin, yang kami dengar ada Ketua Umum Rampai Nusantara, Mardiansyah Semar, aktivis 98 yang memiliki pengalaman sebagai tenaga ahli di LPSK (Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban) yang pada waktu itu banyak menangani kasus-kasus buruh migran,” smbungnya.

Baca Juga: Mengenal Hari Buruh Migran yang Berangkat dari Konvensi 1990

2. Kepala BP2MI disebut hanya berasal dari tim sukses Presiden terpilih

Kepala BP2MI Benny Rhamdani (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Bobby juga menyoroti selama ini Kepala BP2MI selalu diisi figur dari tim sukses presiden terpilih, yang memiliki latar belakang sebagai aktivis, seperti Jumhur, Nusron, hingga Benny Rhamdani.

Oleh karena itu, Bobby memprediksi, Prabowo juga mungkin akan memilih aktivis seperti Mardiansyah Semar.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya