TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Blusukan Bareng Gibran, Gusti Bhre Dinilai Bisa Lanjutkan Pimpin Solo

Gusti Bhre dinilai merakyat meski dari keluarga ningrat

Gibran Rakabuming dan KGPAA Mangkunegara X blusukan ke Kampung Semanggi, Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Intinya Sih...

  • Gusti Bhre dinilai mampu memadukan tradisi dan modernitas untuk pembangunan Solo, seperti revitalisasi Taman Mangkunegaran.
  • Qodari menyebut Gusti Bhre merupakan sosok anak muda yang energinya besar, sehingga bisa berdiskusi dengan Gibran mengenai Solo.
  • Meski berasal dari keluarga ningrat, Gusti Bhre dianggap merakyat dan dapat berinteraksi dengan warga secara akrab.

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka sempat menemani Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X atau Gusti Bhre blusukan ke Kampung Semanggi Harmoni, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah. Terkait hal ini, Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari menilai, Gusti Bhre bisa melanjutkan kepemimpinan di Solo.

“Saya melihat bahwa yang bisa melanjutkan ini adalah Gusti Bhre. Kenapa? Karena pertama hubungan baik antara Gusti Bhre dengan Pak Jokowi dengan Mas Gibran itu sudah terjalin cukup panjang dan kelihatannya itu sejalan,” ujar Qodari dalam keterangannya di kegiatan Konsolidasi Relawan Sahabat Bang Ara dan Stefanus Gusma, dikutip Selasa (6/8/2024).

Qodari mengatakan, Gusti Bhre dianggap mampu memadukan tradisi dan modernitas. Menurutnya, hal itu penting untuk pembangunan Solo.

“Misalnya revitalisasi Taman Mangkunegaran, namanya tetap ada bagian dari Pura Mangkunegaran, tetapi menjadi lebih asri, lebih indah dan lebih dinikmati, bahkan di sana ada restoran kemudian ada kafe, masyarakat, wisatawan dalam negeri, luar negeri bisa masuk ke dalam, bisa ikut merasakan tetapi tetap menjadi bagian dari Pura Mangkunegaran. Jadi di situ kita melihat bagaimana tradisi dan modernitas itu bisa menyatu dengan baik pada diri Mas Gibran dan Gusti Bhre,” kata dia.

Baca Juga: Sikap Politik Mangkunegara X Solo soal Gusti Bhre: 1--2 Minggu Lagi

1. Gusti Bhre merupakan figur muda

Gibran Rakabuming dan KGPAA Mangkunegara X blusukan ke Kampung Semanggi, Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Kemudian, kata Qodari, Gusti Bhre merupakan figur muda seperti Gibran. Pemikiran sesama anak muda dianggap bisa dengan mudah saling berdiskusi mengenai Solo.

“Gusti Bhre adalah sosok anak muda yang energinya begitu besar, ya Mas Gibran anak muda berarti yang melanjutkan juga baiknya orang muda, karena frekuensi pemikirannya sama, energinya juga sama,” ucap dia.

Selain itu, Qodari menilai, Gusti Bhre juga sosok yang merakyat meski berasal dari keluarga ningrat.

“Saya melihat bahwa Gusti Bhre ini walaupun dia adalah keturunan dari Raja Mataram, keturunan dari Pura Mangkunegaran, pimpinan Kadipaten Mangkunegaran karena dia adalah Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara X, tapi sebetulnya beliau ini adalah figur yang sangat-sangat merakyat,” ujar dia.

Baca Juga: Gibran Blusukan Bareng Gusti Bhre, Bantah Endorse Calon Walikota Solo

2. Gibran mengaku tak endorse Gusti Bhre meski menemani blusukan

Gibran Rakabuming dan KGPAA Mangkunegara X blusukan ke Kampung Semanggi, Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Sebelumya, ketika ditanya soal kegiatan blusukannya yang disimpulkan sebagai endorse untuk Mangkunegara X yang santer digadang-gadang maju sebagai calon wali kota Solo di ajang Pilkada 2024, Gibran pun menepisnya. Ia mengaku jika blusukannya tersebut kebetulan.

"Kebetulan aja, habis Jumatan (salat Jumat). Saya tadi nggak tahu. Tanya Kanjeng Gusti (Mangkunegara X) ini acaranya Kanjeng Gusti," ujar Gibran disela-sela kegiatan blusukan.

"Endorse apa? Nggak. Ini kan saya di belakang terus. Di Semarang sama Mas Dico ya jalan-jalan aja," ucap dia. 

Ditanya soal kegiatan blusukan menjadi bentuk dukungan untuk Pilkada Solo, Gibran kembali tak menjawab, ia menyerahkan penilaian tersebut ke warga. 

"Sekali lagi untuk dukungan saya kembalikan ke warga. Saya hari ini mumpung ada di Solo, saya lihat kawasan kumuh yang dulu (walkot Solo) kita tata, itu saja,” ujar dia.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya