TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Besok Ada Kirab Bendera Merah Putih dari Monas ke IKN, Yuk Ramaikan!

Rutenya dari Monas ke Bandara Halim

Kirab bendera merah putih dan teks Proklamasi (YouTube.com/Sekretariat Presiden)

Jakarta, IDN Times - Istana Kepresidenan akan menggelar kirab Bendera Pusaka Merah Putih dan teks Proklamasi, dari Monumen Nasional (Monas) menuju Ibu Kota Nusantara (IKN), Sabtu (10/8/2024).

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana, mengatakan acara tersebut bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-79 RI. Kirab bendera dimulai pukul 08.00 WIB.

"Prosesi kirab akan diawali dengan penyerahan duplikat bendera (pusaka) merah putih dan teks proklamasi yang ada di Ruang Kemerdekaan Monumen Nasional dari Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada Tim Purna Paskibraka," ujar Yusuf dalam keterangannya, Jumat (9/8/2024).

Yusuf mengatakan, tim purna Paskibraka 2023 akan bertugas sebagai pembawa bendera merah putih. Dia adalah Kachina Ozora dari Kalimantan Tengah.

"Sementara itu, bertugas sebagai pembawa teks proklamasi adalah Keyla Azzahra Purnama dari Provinsi Sumatra Selatan," ucap Yusuf.

1. Bendera merah putih akan dibawa menggunakan mobil Maung

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana (IDN Times/Istimewa)

Bendera merah putih dan teks proklamasi akan dibawa menggunakan kendaraan taktis (rantis) Maung. Selain itu, iring-iringan dari Paskibraka DKI Jakarta, pasukan berkuda hingga marching band akan mengikuti kirab bendera merah putih.

"Jika tahun-tahun sebelumnya, bendera merah putih dan teks proklamasi dibawa dari Monas langsung ke Istana Merdeka, maka tahun ini prosesi kirabnya menjadi lebih panjang. Dari Monas iring-iringan tersebut akan menuju Jalan Thamrin, Bundaran HI, Jalan Gatot Subroto, Cawang, hingga Bandara Halim Perdanakusuma, lalu diterbangkan ke IKN menggunakan pesawat Boeing TNI AU," kata dia.

Baca Juga: Ada Kirab Bendera Pusaka, Dishub DKI Rekayasa Lalu Lintas Monas-Halim

2. Bendera merah putih dan teks Proklamasi akan dibawa ke Istana Negara IKN

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana (IDN Times/Istimewa)

Yusuf menerangkan, setibanya di di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, bendera merah putih dan teks proklamasi akan dibawa ke Istana Negara di IKN.

Di IKN, purna Paskibraka 2023 yang bertugas membawa bendera Merah Putih adalah Naila Aulita Alqubra Sinapoy dari Provinsi Banten.

"Adapun bertugas sebagai pembawa teks proklamasi adalah Lilly Wenda dari Provinsi Papua Pegunungan," kata dia.

Baca Juga: Dear Warga, Tidak Ada War Undangan Upacara HUT ke-79 RI di IKN

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya