TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Beredar Informasi Jokowi Bakal Reshuffle Menteri dari PDIP

Bila benar, PDIP harap tak reshuffle bukan bagi jabatan

Presiden Jokowi hadir dalam puncak peringatan bulan Bung Karno di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta (dok. PDIP)

Jakarta, IDN Times - Beredar isu Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan me-reshuffle sejumlah menteri. Salah satu menteri yang diisukan akan diganti berasal dari PDI Perjuangan.

Juru bicara PDI Perjuangan, Chico Hakim mengaku belum mengetahui informasi itu.

"Belum ada informasi," ujar Chico kepada IDN Times, Selasa (13/8/2024).

1. PDIP harap Jokowi tingkatkan kinerja di akhir jabatan

Presiden Jokowi meninjau posyandu di Cipete, Jakarta Selatan (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Meski demikian, apabila benar nantinya akan ada reshuffle, Chico berharap hal itu bisa meningkatkan kinerja pemerintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Tentunya harapan kami reshuffle di akhir-akhir masa jabatan Presiden Joko Widodo ini ditujukan untuk meningkatkan kinerja yang sesungguhnya justru di beberapa bulan terakhir persoalan perekonomian rakyat mendesak untuk diselesaikan," kata Chico.

Baca Juga: Jokowi Disebut Segera Reshuffle 3 Menteri Ini

2. Ada sejumlah persoalan yang harus segera diselesaikan

Ilustrasi Istana Merdeka. (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Menurutnya, ada sejumlah persoalan yang harus segera diselesaikan, salah satunya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat melemah.

"Kemudian juga banyak sekali permasalahan sosial yang perlu diselesaikan, termasuk biaya kuliah yang tinggi, biaya sekolah tinggi, biaya-biaya kebutuhan pokoh begitu meroket dan banyak hal lagi terkait dengan percepatan tanda kutip pembangunan IKN yang perlu juga dievaluasi," beber dia.

PDI Perjuangan berharap, reshuffle kabinet nantinya tidak hanya sekadar bagi-bagi jabatan dengan alasan sinkronisasi pemerintahan baru.

"Karena sesungguhnya ini bukan sekali ada masa transisi dalam kepemimpinan di republik ini dan kita melihat banyak hal yang unik yang dilakukan di masa transisi ini, khususnya di akhir masa jabatan Presiden Joko Widodo menyambut datangnya kepemimpinan baru," kata dia.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya